Bisnis Prospek

7 Ide Bisnis di Bulan Ramadan yang Modalnya Kecil tapi Untung Lumayan

parcel lebaran, bisnis bulan ramadhan modal kecil

Setidaknya, sejak akhir bulan Rajab Anda sudah mulai membuat target bisnis yang akan digarap di ‘arena’ puasa ramadan.

by: Livaza

Peluang bisnis di bulan Ramadan terbuka lebar dengan berkah Alloh. Ada banyak pilihan untuk Anda yang ingin memanfaatkan peluang berbisnis di bulan penuh berkah ini.

Setidaknya ada 7 ide bisnis yang bisa dimulai dengan kecil tapi keuntungan dan bisnisnya menjanjikan. Modal kecil itu tidak sampai berjuta-juta kalau kita lihai menggunakan modal yang ada, sekitar ratusan ribu. Terbilang menjanjikan karena bisnis ini bisa berkelanjutan jika Anda mau.

Ide Bisnis #1, Bisnis menjual tajil berbuka puasa

Banyak orang di pinggir jalan membuka lapak seadanya. Cukup meja dipasang beberapa makanan, lalu orang-orang lalu-lalang lewat ngabuburit. Makanan tajil seperti kolak, dawet, kacang hijau, sop buah dibungkus plastik laku terjual.

Peluang bisnisnya, pilih salah satu produk yang bisa buat atau olah. Buat kemasan yang bagus, lalu bekerja samalah dengan kenalan yang sudah terbiasa menjual tajil ramadan. Susun sistem dan kesepakatan kerja sama yang saling menguntungkan.

Anda bisa memilih menjadi pihak memproduksi tajil, menjualkan, atau menjual di satu lapak saja. Jangan menguasai hulu sampai hilir, memproduksi dan menjual sendiri. Berbagi risiko lebih baik untuk usaha ini jika modal terbatas.

Ide Bisnis #2, Bisnis catering buka puasa bersama

Acara buka bersama (bukber) teman-teman Anda bisa jadi peluang usaha di bulan Ramadan. Coba hubungi teman sekolah SD, semasa SMP, atau seangkatan SMA dan kuliah dan gagas acara buka bersama.

Atau coba hubungi sekolah tempat anak Anda belajar. Gagas acara buka bersama melibatkan beberapa pihak agar acaranya berjalan baik dan bermanfaat.

Atau, Anda bisa menghubungi beberapa perusahaan atau orang kaya di kampung atau kota Anda. Tawarkan catering Anda untuk disumbangkan ke masjid-masjid, pada acara buka bersama jamaah.

Ide Bisnis #3, Bisnis fashion, menjual busana muslim

Lebaran menjadi kesempatan untuk berganti baju baru. Biasa, tradisi kita berlebaran begitu. Busana muslim laku keras. Desain bervariasi menggugah pilihan. Menjual busana muslim bisa menjadi pilihan untuk bisnis Anda meraih untung di bulan Ramadan.

Anda bisa jual titip atau konsinyasi, jika barang tidak terjual bisa dikembalikan lagi. Pegang erat kepercayaan suplier busana muslim jualan Anda.

Dengan sistem konsinyasi, bisnis jualan busana muslim bisa dilakukan dengan modal kecil. Berjualan baju-baju muslim, bisnis di bulan ramadan usaha dengan modal kecil yang menjanjikan

Ide Bisnis #4, Menjual paket parcel untuk lebaran

Dekati toko grosiran sejak awal puasa ramadan. Cari tahu harga murah dan peluang diskon di sana. Jika Anda berniat untuk menjual paket parcel lebaran, Anda butuh kolega toko grosiran.

Mulailah membuat paket sesuai kemungkinan bajet pelanggan. Lakukan survei terhadap calon-calon pelanggan Anda.

Modalnya, Anda harus membuat contoh paket parcel lebaran. Anda harus membeli beberapa produk, peralatan dan perlengkapan seperti gunting, plastik, wadah parcel, isolasi, beraneka ragam kertas.

Dari produk-produk yang ada, buatlah contoh lalu Anda foto. Foto-foto itulah yang menjadi modal jualan Anda. Kemudian buatlah brosur, bisa format cetak dan digital. Selanjutnya tawarkan paket Anda, paket parcel usaha modal kecil yang menjanjikan.

Ide Bisnis #5, Menjual buku di acara Ramadan Expo

Jika ada pameran, jangan hanya berpikir untuk mengunjungi dan membeli barang-barang di sana. Mulai berpikir untuk menjual. Menjual buku bisa menjadi contoh bisnis di bulan Ramadan yang modalnya kecil.

Pinjam stok produk ke penerbit-penerbit kenalan Anda. Pastikan Anda sudah mem-booking stand pameran untuk lapak Anda cukup dengan DP alias down payment.

Anda bisa berjualan buku di Ramadan Expo. Pinjam produk gratis, stand hanya bayar DP dan bisa dilunasi setelah acara expo selesai. Buku yang tidak terjual bisa return atau dikembalikan. Jadi modal Anda hanya DP dan biaya hidup selama pameran.

Ide Bisnis #6, Event organizer pesantren kilat (sanlat)

Pesantren kilat sudah menjadi tren di kota-kota negeri ini. Anak-anak sekolah banyak yang memilih libur dan mengikuti pesantren kilat di luar sekolah.

Peluang bisnis bagi Anda yang kreatif menyusun kegiatan belajar luar sekolah. Bawa anak-anak kota keluar. Temukan kampung yang menarik untuk membuat camp pesantren kilat.

Modal Anda yang termahal adalah biaya survey. Survey tempat kegiatan, survey ke sekolah-sekolah yang menjadi target ‘santri kilat’.

Agar untung, hitung semua biaya tetap, biaya variabel, dan biaya tatk terduga selama kegiata. Jangan lupa mencari sponsor untuk meringankan beban biaya kegiatan pesantren kilat Anda.

Ide Bisnis #7, Event organizer bukber atau silaturahim

Bulan Ramadan memang padat kegiatan. Kebanyakan orang tidak mau ribet. Maunya makan, bersenang-senang, dan selfie. Buka bersama dan silaturahim komunitas sudah menjadi rutinitas ramadan.

Peluang bisnis bagi Anda, jadilah event organizer. Bantu mereka membuat kegiatan buka bersama atau silaturahim. Bantu mereka menemukan tempat yang startegis sesuai bajet. Bantu mereka menentukan katering yang terjangkau, bantu mereka menyusun acara dan menentukan pengisi acaranya.

Bisnis atau usaha di bulan Ramadan menuntut kejelian dan ketekunan. Persiapannya harus dilakukan dengan matang. Setidaknya, sejak akhir bulan Rajab Anda sudah mulai membuat target bisnis yang akan digarap di ‘arena’ puasa ramadan.

Modal kecil harus dikelola dengan keterampilan dan kepribadian yang disiplin. Bangun jaringan jauh-jauh hari dengan pihak-pihak yang bisa mendukung ‘angan-angan’ bisnis Anda saat momentum Ramadan.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc Themetf

To Top