Bisnis Prospek

47 Peluang Bisnis di Bulan Ramadan Cocok Dilakukan oleh Ibu-ibu Rumah Tangga

DIstro ramadan karee, Peluang usaha bulan ramadan

Bulan ramadan yang pernuh berkah juga membuka banyak peluang bisnis yang bisa dimulai, niatkan bisnis untuk ibadah meraih karunia Alloh Swt.

by: iCad co

Bisnis di bulan ramadan untuk ibu rumah tangga beragam jenisnya. Meningkatnya kebutuhan bisa dilayani dari tempat yang lebih dekat. Pelajari bisnisnya, lebih dekat lagi dengan tatngga.

Peluang bisnis di bulan Ramadan juga bisa jadi usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa, usaha sampingan ibu rumah tangga di desa. Inilah 47 peluang usaha di bulan ramadan.

Bisnis #1, Jualan baju koko

Baju koko di bulan ramadan akan terjual laris manis. Ibu-ibu rumah tangga bisa menjual kepada kaum bapak melalui oborlan sesama ibu rumah tangga.

Bisnis #2, Jualan buah-buahan segar

Konsumsi buah segar di bulan puasa akan meningkat seiring kebutuhan buah dari kaum muslimin yang berpuasa. Buah segar cocok untuk mengembalikan stamina yang hilang karena puasa seharian.

Bisnis #3, Jualan buku doa

Biasanya, saat bulan puasa banyak ceramah-ceramah agama. Seketika warga muslim hampir mendadak shaleh. Bantu mereka dengan menyediakan buku kumpulan doa-doa.

Bisnis #4, Jualan buku panduan shalat

Pada saat bulan ramadan banyak orang baru menyadari pentingnya shalat. Bantu mereka belajar shalat dengan menyediakan buku Panduan Shalat Lengkap.

Bisnis #5, Jualan busana muslim

Menjual busana muslim sebaiknya dimulai sebelum puasa dimulai. Momentumnya antara 1 pekan menjelang hari pertama ramadan. Nanti bisa dilanjutkan dengan menjual busana muslim kebutuhan lebaran.

Bisnis #6, Jualan camilan

Pada saat bulan ramadan kebutuhan makanan ringan meningkat. Memang faktanya, cara puasa orang-orang kita makin banyak makan di malam hari ketika berpuasa. Balas dendam kelaparan kali ya?!

Bisnis #7, Jualan es dawet atau cendol

Berbuka puasa dengan es dawet memang tidak dicontohkan Rosululloh. Tapi manis dan segarnya dawet menjadi menu favorit hidangan berbuka puasa. Jualan es dawet atau cendol bisa pilihan ibu-ibu untuk berjualan.

Bisnis #8, Jualan es kelapa muda

Mau di minuman dingin dan segar? Es kelapa muda pilihannya. Air kelapa dan kelapa bisa menggantikan cairan sehat tubuh yang terdehidrasi seharian selama berpuasa.

Bisnis #9, Jualan jilbab atau hijab

Jilbab sedang tren di seluruh dunia lho… Meski sehari-harinya tidak berjilbab, tapi karena menghormati ramadan atau karena mau ke masjid, wanita muslimah mau berjilbab juga. Sediakan jilbab yang trendi agar wanita yang baru berjilbab terlihat lebih cantik. Kali aja, dengan dia terlihat lebih cantik terus mau berjilbab selamanya.

Bisnis #10, Jualan kaos distro ramadan

Menjual kaos distro bisa dilakukan secara online dan offline. Pajang saja kaos-kaos distro jualan Anda di depan rumah sambil berjualan online. Lebih bagus kalau bisa menggunakan website atau marketplace.

Bisnis #11, Jualan kelom tasik

Uniknya kelom geulis dari Tasikmalaya disukai muslimah-muslimah trendi di seluruh Indonesia. Coba gunakan Facebook atau Instagram untuk menjualnya. Cocok dimulai saat ramadan sekalian jualan untuk momentum lebaran.

Bisnis #12, Jualan kembang api

Biasanya kembang api dijual bersamaan dengan petasan. Hindari petasan karena jelas-jelas sudah dilarang. Kembang mainan anak masih boleh lah ya. Jualan kembang api bagus tapi sebaiknya dihindari, kan masih ada 46 ide usaha ramadan yang lain.

Bisnis #13, Jualan kolak

Kolak sudah menjadi tradisi kita dalam berbuka puasa. Mungkin karena rasanya manis dan menyegarkan, kolak jadi pilihan sebagai hidangan awal saat berbuka.

Bisnis #14, Jualan kopiah haji

Kopiah haji laku karena orang akan sering ke masjid untuk shalat, tadarrus al-quran, atau pun mengikuti kajian-kajian Islam dan dakwah. Pastikan kopiah putihnya bervariasi untuk meningkatkan minat beli.

Bisnis #15, Jualan kue basah

Kue basah juga sering menjadi pilihan hidangan saat berbuka puasa. Kue basah manis yang segar biasanya diminati anak-anak yang berpuasa dan merasakan lapar.

Bisnis #16, Jualan kue kering

Kue kering biasanya dikonsumsi setelah shalat taraweh, kalau shalat taraweh sih.. Kalau pun tidak biasanya kue kering menjadi camilan yang diasup sambil menonton tivi atau berkumpul bersama keluarga.

Bisnis #17, Jualan Kurma

Kayaknya kurma wajib ada di saat-saat puasa ramadan. Biasanya orang-orang menyediakan kebutuhan kurma beberapa hari. Bantu kebutuhan kurma sekaligus menyiarkan sunnah Rosululloh dalam berbuka puasa bagian dari ibadah berpuasa.

Bisnis #18, Jualan manisan

Orang Indonesia mayoritas suka manisan. Manisan bisa dijadikan alternatif makanan pembuka yang disukai ibu-ibu dan gadis remaja, rasa manis dan campuran asam buahnya memang mengesankan.

Bisnis #19, Jualan minuman dingin

Haus seharian dalam berpuasa akan hilang seketika pada saat adzan maghrib langsung berbuka dengan minuman dingin yang segar. Peluang bisnis yang menjanjikan pada saat bulan ramadan.

Bisnis #20, Jualan minyak wangi

Minyak wangi juga menjadi kebutuhan kaum muslimin di bulan ramadan. Di bulan-bulan lain pun butuh minyak wangi. Tapi minyak wangi di bulan ramadan biasanya digunakan karena mau ke masjid.

Bisnis #21, Jualan mukena

Saya heran juga, kenapa sebagian ibu-ibu suka membeli mukena hampir tiap tahun. Padahal mukena yang dibeli tahun lalu masih bagus. Itulah peluang bisnis yang terkadang di luar nalar saya laki-laki.

Bisnis #22, Jualan mushaf quran

Trend belajar mengaji menjelang ramadan dan selama ramadan meningkat. Bantu mereka yang belajar ngaji dengan menyediakan mushaf khusus belajar baca Quran. Peluang bisnis, sediakan paket wakaf Quran untuk dikirim ke masjid-masjid di daerah terpencil.

Bisnis #23, Jualan sandal

Serius.. Saya serius menyarankan ibu-ibu rumah tangga untuk berjualan sandal. Mulai dari jenis sandal jepit sampai sekelas kelom geulis. Orang pergi ke masjid kan pakai sandal.

Bisnis #24, Jualan sarung

Sarung adalah pakaian kita, tradisi kita. Kebutuhannya hampir sama dengan gamis di Arab. Tradisi kita, ke masjid pakai sarung. Maka pada saat ramadah kebutuhan meningkat. Selain dipakai sendiri, sarung juga sering dijadikan kado dan hadiah untuk lebaran.

Bisnis #25, Jualan sop buah

Kembali lagi ke makanan. Sop buah selain enak dijadikan hidangan pembuka saat berbuka puasa, ternyata baik juga dikonsumsi sebelum tidur. Manisnya manis buah ya jangan kemanisan karena gula sintetis, agar baik untuk dikonsumsi saat sahur.

Bisnis #26, Jualan souvenir ramadan

Syiar ramadan akan semakin semarak saat kita berbagi souvenir ramadan dengan teman-teman. Menjual souvenir ramadan bisa dilakukan secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Bisnis #27, Jualan tajil buka puasa

Menjual kolak, sop buah, kurma, minuman manis, es kelapa muda, jika modal Anda cukup bisa dilakukan sekaligus. Waktu jualannya menjelang buka puasa. Maka Anda nanti akan dikenal sebagai ibu cantik penjual tajil buka puasa. 😉

Bisnis #28, Jualan tiket online

Hmm.. Kebanyakan orang ingin mudik terutama yang selama setahun tinggal di kota. Anda ibu-ibu yang tinggal di kampung cobalah hubungi teman-teman Anda di kota, tawarkan kepada mereka tiket untuk pulang kampung.

Bisnis #29, Kursus privat bahasa Inggris

Bulan puasa kok kursus bahasa Inggris?! Kursus bahasa Inggris juga bagian dari amal shaleh selama bertujuan untuk belajar. Kemampuan bahasa Inggris bisa membantu mempelajari banyak hal di era informasi yang semakin terbuka.

Bisnis #30, Kursus privat bisnis online

Siapa sih yang ga butuh duit?! Bisnis online bisa jadi solusi hampir semua orang di abad ini. Ajari mereka yang mau memulai bisnis online tentang berjualan dengan metode reseller, dropship, dann program afiliasi. Mereka pintar Anda pun untung.

Yang mau belajar atau mengajar bisnis online gratis, kapan-kapan bisa menghubungi saya.

Bisnis #31, Kursus privat menulis artikel

Tersedia lowongan kerja, menulis artikel di website-website yang saya kelola. Bayarannya lumayan, cukup untuk beli baju dan kue-kue hidangan lebaran. Kemampuan menulis jangan dipelajari instan, pelajari dulu dari keterampilan dasar dengan baik mumpung ramadan.

Bisnis #32, Kursus privat kreasi parcel

Membuat parcel sebenarnya bukan tradisi muslim Indonesia. Tradisi kita biasanya mengirim ketupat ke tetangga. Tapi kekiniannya, sekitar 20 hari sebelum lebaran banyak perusahaan atau keluarga kaya mulai mengirimkan parcel ke kolega-koleganya atau keluarga dekatnya sebagai kado atau THR.

Bisnis #33, Kursus privat make up

Siapa sih perempuan yang tidak ingin cantik. Nah.. mumpung ramadan yang biasanya kaum perempuan sadar pentingnya berdandan yang baik menurut Islam, coba buka kursur privat make up. Keuntungannya bisa  didapat dari biaya jasa kursus atau jualan produk. Cocok tuh dilakukan oleh ibu-ibu yang punya produk MLM kosmetik.

Bisnis #34, Kursus privat matematika

Cantik cantik tapi ga bisa matematika. Apa kata dunia?!

Ibu rumah tangga harus bisa matematika. Ibu yang punya anak harus bisa mengajarkan matematika kepada anaknya. Buka kursus matematika agar ibu-ibu bisa mengajar anaknya. Atau Anda bisa membuka les privat matematika, tambahan saja selama ramadan.

Bisnis #35, Kursus privat membuat kerajinan

Membuat kerajinan seperti bros, gantungan kunci, pigura, kotak receh, dompet, tas, kotak kado, dan lain-lain bisa jadi alterntif kegiatan ramadan. Coba ajari ibu-ibu lain agar mereka berbisnis kerajinan. Nantinya bisa jadi bisnis Anda yang prospektif. Mereka yang membuat lalu Anda yang menjualnya.

Bisnis #36, Kursus privat mengaji untuk anak

Anak-anak kadang akan lebih mudah mengaji dengan bantuan les privat. Bedakan dengan cara belajar ngaji di masjid kampung. Gunakan metode cepat untuk memaksimalkan kegembiraan anak-anak belajar baca al-Quran.

Bisnis #37, Kursus privat mengaji untuk ibu-ibu

Berbeda dengan kursus privat untuk anak-anak, Ibu-ibu perlu bisa baca Quran sekaligus mereka harus mampu mengajar anak-anak mereka sendiri.

Hmm..h. Boro boro suruh kursus dan membayar, disuruh ngaji tidak bayar aja kadang tidak mau. Saatnya kemampuan bisnis Anda dipadukan dengan kemampuan mengaji, 😉

Bisnis #38, Memulai bisnis jasa aqiqah

Aqiqah?! Iya, bisnis jasa aqiqah. Biasanya pas ramadan banyak orang yang sadar, bahkan ingat ada anaknya bahkan dirinya atau suaminya belum ber-aqiqah.

Bisnis #39, Memulai bisnis jualan buku

Terutama buku-buku agama, Anda bisa menjual buku Islam yang ringan-ringan. Mulailah di bulan ramadan. Berjualan buku bisa dimulai saat bulan ramadan tapi keuntungannya bisa menarik minat Anda menjual buku di bulan-bulan berikutnya.

Bisnis #40, Memulai bisnis kursus privat

Macam-macam ide bisnis privat seperti kurus privat matematika, baca al-Quran, membuat kerajinan, belajar makeup, kreasi parcel, menulis artikel, atu bisnis online. Lakukan satu-satu, buat paket kursus yang menguntungkan. Selanjutnya, Anda bisa membuat lembaga kursus sendiri. Ya, Anda harus mengurus legalitasnya kalau mau serius dijadikan bisnis.

Bisnis #41, Memulai bisnis souvenir

Bermodal teman-teman yang sudah bisa membuat kerajinan Anda bisa memulai bisnis souvenir. Tapi jangan Andalkan produk yang kurang berkualitas. Cari suplier souvenir yang sudah terbukti laku di pasaran.

Bisnis #42, Memulai bisnis travel

Belajar menjual tiket mudik bisa jadi awal bisnis travel di masa-masa berikutnya. Bergabunglah dengan provider yang menyediakan paket kemitraan agent travel untuk memulai lebih serius bisnis travel Anda. Perhatikan, kebanyakan ibu-ibu senang jalan-jalan kan?! Cari paket paket diskon menarik untuk mereka.

Bisnis #43, Memulai usaha bisnis online

Banyaknya waktu senggang sangat cocok untuk belajar bisnis online. Bisnis online bagi sebagian orang tidak bisa menghasilkan keuntungan instan. Anda harus benar-benar belajar bisnis online agar bisa menghasilkan yang mencukupi kebutuhan keluarga dan tabungan aset masa depan.

Bisnis #44, Memulai usaha katering

Coba tawarkan kepada ibu-ibu atau bapak-bapak teman Anda. Mungkin teman sekolah Anda dulu. Bilang pada mereka bahwa Anda sedang bisnis catering bisa menyediakan makan untuk orang-orang di masjid. Tawarkan, maukah mereka beramal memberikan makanan di masjid dengan harga lebih murah?

Ingat ya.. Anda sedang berbisnis, jadi harus ada untungnya meski tidak sebesar menjual paket katering acara nikahan. Ini perpaduan antara dakwah dan bisnis yang harus beroperasi berkelanjutan.

Bisnis #45, Memulai usaha jualan fashion

Sudah bisa jualan kopiah, jilbab, sarung, bisa dilanjutkan menjadi bisnis fashion. Anda kan sudah tahu tempat grosiran kopiah, jilbab, dan sarung. Tempat grosiran baju-baju gamis busana muslimah, tidak jauh dari itu.

Mulailah mengumpulkan modal untuk bisnis fashion yang lebih besar lagi. Ya, mulai pada saat ramadan, optimalkan penjualan produk fashion secara online.

Bisnis #46, Ojek online mandiri

Ojek online mandiri bisa dilakukan oleh ibu-ibu juga. Contohnya, mengantar ibu-ibu lain yang mau ke pasar tapi ga bisa naik motor. Kalau tidak mau nyetir sendiri, Anda bisa menyewakan motornya. Bisnis ini agak berisiko tapi masih layak dikerjakan di bulan ramadan sambil ngabububurit, jalan-jalan sore sambil menunggu buka puasa.

Bisnis #47, Rental mobil

Rental mobil juga bisa menjadi peluang baik untuk menjadi bisnis di bulan ramadan. Peluangnya, banyak orang ingin mudik ke kampung halamanyanya. Mungkin ada yang mau mudik bersama keluarga besar, tapi tidak punya mobil.

Kalau Anda tidak punya mobil untuk disewakan, cobalah bekerja sama dengan perusahaan rental mobil di kota Anda. Tawarkan kerja sama, Anda bisa mencari penyewa mobil dan sepakati berapa komisi buat Anda. Tidak apa-apa kan ibu-ibu berbisnis rental mobil?!

Bulan ramadan yang penuh berkah bisa jadi momentum yang membuka banyak peluang usaha bagi ibu-ibu rumah tangga. Pilih salah satu saja yang Anda suka dan dirasa mampu. Siap-siaplah memulai bisnis sekalipun dengan modal kecil. Niatkan untuk mencari karunia dan rahmat Alloh dengan berbisnis, itu juga bernilai ibadah.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc Themetf

To Top