Bisnis Prospek

23 Peluang Bisnis di Bulan Ramadan Cocok Dilakukan oleh Pemuda dan Mahasiswa

Les privat ngaji al-Quran, ibadah ramadhan

Bisnis di bulan ramadan untuk pemuda dan mahasiswa benar memang menghasilkan uang, tapi kuliah tetap jangan terbengkalai.

by: LesPrivat99

Ramadan penuh berkah juga membuka peluang banyak peluang bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa. Pemuda dan mahasiswa dangan segenap kemampuan dan kreativitasnya bisa membuat banyak hal menjadi peluang bisnis.

Biasanya mahasiswa menjual kolak, sop buah, atau pun minuman dingin untuk tajil buka puasa. Ya, setidaknya bisa berjualan kurma. Itu bagus sekali, pembelajaran mental yang menantang. Tapi ini ada beberapa ide lain yang layak dikerjakan oleh mahasiswa sebagai bisnis di bulan ramadan yang menjanjikan.

Bisnis #1, Jasa desain grafis

Membuat desain grafis membutuhkan keahlian. Tapi percayalah, saat ini siapa pun harus bisa membuat desain grafis. Menggambar di komputer sekarang menjadi keharusan dalam komunikasi digital. Segera pelajari dan jadikan bisnis sampingan. Awali dari membuat meme atau e-poster.

Bisnis #2, Jasa foto dan video edit

Foto dan video dapat menggantikan ribuan kata-kata, kecuali video yang isinya hanya kata-kata. Bagaimana kalau videonya disusun dari foto-foto dan kata-kata? Lalu tambahkan latar belakang bunyi musik untuk memberikan kesan dalam video. Jika Anda sudah bisa membuat video, modal awal untuk berbisnis jasa foto dan video editing.

Bisnis #3, Jasa menulis artikel

Mahasiswa harusnya bisa menulis artikel. Membuat makalah aja bisa, masa membuat artikel yang isinya 300 – 600 kata tidak bisa?! Kemampuan menulis artikel seorang mahasiswa bisa dijadikan bisnis sampingan. Pada puasa ramadan tahun ini cobalah berlatih dulu. Kalau sudah bisa hubungi pengelola-pengelola website. Jual jasa Anda pada mereka.

Bisnis #4, Jasa pembuatan website

Membuat website itu mudah. Itu keterampilan yang agak jadul tapi masih dibutuhkan. Ilmunya sudah bertebaran di internet. Gugling aja.. Sekarang jamannya membuat aplikasi. Tapi jasa membuat website masih menjanjikan lho untuk dijadikan bisnis sampingan mahasiswa.

Bisnis #5, Jualan distro ramadan

Menjual kaos distro bisa dilakukan secara online dan offline. Pajang saja kaos-kaos distro jualan Anda di depan rumah sambil berjualan online. Kalau Anda ngekos lebih baik kalau bisa menjual kaos distro ramadan menggunakan website atau marketplace.

Bisnis #6, Jualan hijab/jilbab

Sepertinya ini khusus mahasiswi. Jilbab sedang tren di seluruh dunia lho… Meski sehari-harinya tidak berjilbab, tapi karena menghormati ramadan atau karena mau ke masjid, wanita muslimah mau berjilbab juga. Sediakan jilbab yang trendi agar wanita yang baru berjilbab terlihat lebih cantik. Kali aja, dengan dia terlihat lebih cantik terus mau berjilbab selamanya.

Bisnis #7, Jualan kue basah/kering

Kue basah sering menjadi pilihan hidangan saat berbuka puasa. Kue basah manis yang segar biasanya diminati mahasiswa yang berpuasa dan merasakan lapar. Kue kering biasanya dikonsumsi setelah shalat taraweh. Kalau pun tidak biasanya kue kering menjadi camilan yang diasup sambil menonton tivi atau nongrongnya mahasiswa.

Bisnis #8, Jualan Kurma

Kayaknya kurma wajib ada di saat-saat puasa ramadan. Biasanya orang-orang menyediakan kebutuhan kurma beberapa hari. Bantu kebutuhan kurma sekaligus menyiarkan sunnah Rosululloh dalam berbuka puasa bagian dari ibadah berpuasa.

Bisnis #9, Jualan mukena

Saya heran juga, kenapa sebagian perempuan suka membeli mukena hampir tiap tahun. Padahal mukena yang dibeli tahun lalu masih bagus. Itulah peluang bisnis yang terkadang di luar nalar saya laki-laki. Mungkin karena mumpung ramadan, mukenanya buat kado.

Bisnis #10, Jualan mushaf quran

Trend belajar mengaji menjelang ramadan dan selama ramadan meningkat. Bantu mereka yang belajar ngaji dengan menyediakan mushaf khusus belajar baca Quran. Peluang bisnis, sediakan paket wakaf Quran untuk dikirim ke masjid-masjid di daerah terpencil.

Bisnis #11, Jualan souvenir ramadan

Syiar ramadan akan semakin semarak saat kita berbagi souvenir ramadan dengan teman-teman. Menjual souvenir ramadan bisa dilakukan secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Mahasiswa yang suka nongkrong biasanya jago membuat ungkapan menarik.

Bisnis #12, Jualan tiket online

Teman-teman Anda yang ingin mudik tentu ingin tiket lebih murah. Menjelang lebaran nampaknya susah, kecuali memang prepare jauh jauh hari. Mahasiswa punya peluang bisnis menyediakan tiket untuk teman-teman yang harus pulang ke kampung, mudik lebaran.

Bisnis #13, Kursus privat bahasa Inggris

Bulan puasa kok kursus bahasa Inggris?! Kursus bahasa Inggris juga bagian dari amal shaleh selama bertujuan untuk belajar. Kemampuan bahasa Inggris bisa membantu mempelajari banyak hal di era informasi yang semakin terbuka.

Bisnis #14, Kursus privat bisnis online

Siapa sih yang ga butuh duit?! Bisnis online bisa jadi solusi hampir semua orang di abad ini. Mahasiswa masa ga bisa bisnis online?! Ajari mereka yang mau memulai bisnis online tentang berjualan dengan metode reseller, dropship, dann program afiliasi. Mereka pintar Anda pun untung.

Bisnis #15, Kursus privat kreasi parcel

Membuat parcel sebenarnya bukan tradisi muslim Indonesia. Tradisi kita biasanya mengirim ketupat ke tetangga. Tapi kekiniannya, sekitar 20 hari sebelum lebaran banyak perusahaan atau keluarga kaya mulai mengirimkan parcel ke kolega-koleganya atau keluarga dekatnya sebagai kado atau THR.

Bisnis #16, Kursus privat matematika

Mahasiswa bisa dong mengajar matematika anak-anak SD atau SMP. Saatnya memberikan jasa kursus matematika yang berbeda dengan pelajaran sekolah. Carilah metode-metode praktis menghitung yang bisa dijadikan trik memecahkan soal-soal matematika di sekolah.

Bisnis #17, Kursus privat membuat kerajinan

Membuat kerajinan butuh rasa dan keahlian khusus. Tidak semua orang bisa melakukannya. Kalau Anda bisa membuat kerajinan dan mau menggali ide-ide kerajinan terkini, cobalah keterampilan itu dibagikan ke orang lain. Jadikan peluang bisnis yang bisa diwujudkan menjadi usaha menguntungkan.

Bisnis #17, Kursus privat mengaji untuk anak

Anak-anak yang bisa mengaji pun butuh les lagi. Mahasiswa muslim harus menemukan metode untuk memberi pengalaman menarik dalam belajar al-Quran. Jangan hanya belajar membaca. Anak bisa mengaji asbabun nuzul surah-surah dalam al-Quran dengan metode yang membuat mereka senang.

Bisnis #18, Kursus privat mengaji untuk ibu-ibu

Berbeda dengan kursus privat untuk anak-anak, Ibu-ibu perlu bisa baca Quran sekaligus mereka harus mampu mengajar anak-anak mereka sendiri. Hmm..h. Boro boro suruh kursus dan membayar, disuruh ngaji tidak bayar aja kadang tidak mau. Saatnya kemampuan bisnis Anda dipadukan dengan kemampuan mengaji.

Bisnis #19, Memulai bisnis jualan buku

Mahasiswa dan buku harusnya tidak bisa dipisahkan, kecuali mahasiswa yang tidak suka baca. Tentu agak aneh terdengarnya. Anda bisa menjual buku Islam yang ringan-ringan. Mulailah di bulan ramadan. Berjualan buku bisa dimulai saat bulan ramadan tapi keuntungannya bisa menarik minat Anda menjual buku di bulan-bulan berikutnya.

Bisnis #20, Memulai bisnis kursus privat

Coba fokus mengajar bahasa Inggris, matematika, al-Quran, dan penulisan artikel. Itu kemampuan wajib bagi mahasiswa muslim. Agar jadi duit, coba bisniskan menjadi bisnis kursus privat. Temukan metode belajar yang menarik untuk diterapkan dalam kursus privat Anda.

Bisnis #21, Memulai bisnis souvenir

Bermodal teman-teman yang sudah bisa membuat kerajinan Anda bisa memulai bisnis souvenir. Tapi jangan Andalkan produk yang kurang berkualitas. Cari suplier souvenir yang sudah terbukti laku di pasaran. Gunakan platform jual-beli online untuk memudahkan pemasaran dan penjualan.

Bisnis #22, Memulai bisnis travel

Mahasiswa suka jalan-jalan dan dapet duit. Kenapa tidak?! Hati-hati kuliah terbengkalai. Belajar menjual tiket mudik bisa jadi awal bisnis travel di masa-masa berikutnya. Bergabunglah dengan provider yang menyediakan paket kemitraan agent travel untuk memulai lebih serius bisnis travel Anda. Perhatikan, kebanyakan ibu-ibu senang jalan-jalan kan?! Cari paket paket diskon menarik untuk mereka.

Bisnis #23, Memulai usaha bisnis online

Banyaknya kemampuan mahasiswa sangat cocok untuk belajar bisnis online. Bisnis online bagi sebagian orang tidak bisa menghasilkan keuntungan instan. Pelajari bisnis online perlahan. Belajar dari simulasi menjual tiket, jual baju, jual souvenir, dan lain-lain. Bisnis online lebih sederhana daripada itu semua.

Bisnis di bulan ramadan untuk pemuda dan mahasiswa benar memang menghasilkan uang. Momentum bulan ramadan bisa mempermudah proses bisnis. Tapi tetap ingat, bisnis pemuda dan mahasiswa adalah proses belajar yang penting. Kuliah tetap tidak boleh terbengkalai.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc Themetf

To Top