Bisnis di Desa

7 Contoh Bisnis di Bulan Ramadan Cocok Dijalankan Gadis Desa

ide bisnsi di bulan ramadan

Menjadi gadis desa tidak boleh kuper alias kurang pergaulan. Gadis desa pun harus cantik, cerdas, dan bisa bergaul lebih luas.

Model: Seftia Rizky Martakusuma

Gadis desa yang tinggal di kampung juga punya peluang bisnis di bulan ramadan untuk belajar mendapatkan uang. Saat ini, hidup di desa pun bisa mendatangkan uang dari kota. Internet salah satu alat dan kunci suksesnya.

Mumpung ada momentum ramadan, saya mau mengulas contoh bisnis di bulan ramadan cocok bagi gadis desa. Setidaknya ada 7 contoh bisnis yang modalnya kecil bisa dicoba oleh gadis-gadis desa.

Bisnis #1, Jualan distro ramadan

Menjual kaos distro bisa dilakukan secara online dan offline. Pajang saja kaos-kaos distro jualan Anda di depan rumah sambil berjualan online. Lebih bagus kalau bisa menggunakan website atau marketplace.

Agar modalnya tidak terlalu besar, cari suplier yang bisa dibeli grosiran dan murah. Langkah ini jauh lebih murah dibanding memulai dengan produksi kaos distro sendiri.

Bisnis #2, Jualan hijab/jilbab

Jilbab sedang tren di seluruh dunia lho… Meski sehari-harinya tidak berjilbab, tapi karena menghormati ramadan atau karena mau ke masjid, wanita muslimah mau berjilbab juga.

Sediakan jilbab yang trendi agar wanita yang baru berjilbab terlihat lebih cantik. Kali aja, dengan dia terlihat lebih cantik terus mau berjilbab selamanya. Ini kan peluang untuk bisnis di bulan ramadan.

Baca >  7 Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil yang dapat Dilakukan oleh Siapa Saja

Bisnis #3, Jualan kue basah/kering

Kue basah sering menjadi pilihan hidangan saat berbuka puasa. Kue basah manis yang segar biasanya diminati mahasiswa yang berpuasa dan merasakan lapar. Kue kering biasanya dikonsumsi setelah shalat taraweh.

Gadis desa di kampung bisa lah ya membuat kue-kue basah atau kering. Kalau tidak bisa membuat sendiri, coba belanja pada penjual kue grosiran di pasar.

Bisnis #4, Jualan Kurma

Temukan pemasok kurma yang cocok untuk makanan pembuka buka puasa sebagai awal untuk bisnis di bulan ramadan. Mungkin Anda memang harus ke pasar kota untuk melakukan survey awal.

Kurma ‘wajib’ ada di saat-saat puasa ramadan. Biasanya orang-orang menyediakan kebutuhan kurma beberapa hari. Bantu kebutuhan kurma sekaligus menyiarkan sunnah Rosululloh dalam berbuka puasa bagian dari ibadah berpuasa.

Bisnis #5, Jualan mukena

Saya heran juga, kenapa sebagian perempuan suka membeli mukena hampir tiap tahun. Padahal mukena yang dibeli tahun lalu masih bagus. Itulah peluang bisnis yang terkadang di luar nalar saya laki-laki. Mungkin karena mumpung ramadan, mukenanya buat kado.

Baca >  Tips Sukses Bisnis Menguntungkan di Desa, "Produksi di Desa Jual ke Kota"

Yang mau jualan mukena, coba kulakan mukena grosir. Di kampung sebelah saya ada pusat produksi mukena terbaik yang saya tahu, di sekitar Kawalu, Tasikmalaya.

Bisnis #6, Jualan souvenir ramadan

Apapun souvenirnya kan bisa dijadikan souvenirnya dengan sentuhan kreatif semangat bisnis di bulan ramadan. Syiar ramadan akan semakin semarak saat kita berbagi souvenir ramadan dengan teman-teman. Menjual souvenir ramadan bisa dilakukan secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Gadis desa yang suka chatting di Facebook, Whatsapp, atau BBM, biasanya jago membuat ungkapan menarik. Manfaatkan kata-kata menarik Anda menjadi kata-kata ramadan yang bisa dijual bersama souvenir.

Bisnis #7, Jualan tiket online

Mungkin ada yang bekerja di kota, jaga hubungan baik dengan mereka yang merantau. Teman-teman Anda mungkin ada yang merantau yang ingin mudik tentu ingin tiket lebih murah.

Menjelang lebaran nampaknya susah, kecuali memang siap-siap jauh jauh hari. Gadis desa punya peluang bisnis menyediakan tiket untuk teman-teman yang harus pulang ke kampung, mudik lebaran.

Gadis desa berbisnis menjual tiket online, jual souvenir, dan distro ramadan. Kenapa tidak?! Menjadi gadis desa tidak harus kuper alias kurang pergaulan. Jadikan gadget Anda sebagai alat untuk bergaul lebih luas.

Baca >  Koleksi Desain Apparel (bukan) Milik Saya

Pergaulan yang luas membuka peluang bisnis lintas desa, lintas daerah, bahkan lintas negara-negara di dunia. Gunakan internet untuk kemajuan dan kesejahteraan kita sekali pun kita tinggal di desa.

To Top