Bisnis di Desa

Tips Sukses Bisnis Menguntungkan di Desa, “Produksi di Desa Jual ke Kota”

produksi tas di desa, usaha rumahan di desa

Memahami marketing akan mendorong Anda untuk melakukan pengawasan (controling) terhadap kualitas hasil produksi. Produk yang berkualitas baik akan menambah nilai jual produk di pasaran.

by: Antara Photo

Bisnis yang menguntungkan di desa sebenarnya bukan terletak pada bisnis produksi. Justru produksi barang di mana pun sama saja, membutuhkan modal di awal. Kecuali produsen punya bandar, bos penyandang dana modal produksi.

Bagi pengusaha yang mengerti pemasaran, usaha yang cocok di pedesaan adalah bisnis penjualan. Bisnis yang menguntungkan di desa adalah mengambil barang hasil produksi di desa lalu di jual ke kota.

Perhatikan potensi produksi di desa

Peluang usaha rumahan di desa semakin beragam. Di desa, kita bisa memproduksi tas, sepatu, atau berakam makanan kemasan versi desa tapi awet. Usaha di desa yang biasa dilakukan adalah budidaya pertanian seperti ternak lele, jangkrik, bekicot, dan lain-lain.

Usaha produksi di desa bisa dilakukan banyak pihak. Asal satu orang berhasil, biasanya yang lain berusaha meniru usaha yang terlihat menguntungkan.

Pahami marketing dan jual ke kota

Biaya produksi tas di desa sekitar Rp 15.000 – 35.000,- tergantung jenis tas. Tapi dengan kemasan marketing, Anad bisa membeli tas tersebut ke produsen tas di desa seharga Rp 50.000,-.

>  7 Ide Bisnis yang Cocok Dilakukan oleh Pengangguran atau Orang Sibuk di Desa

Dengan kemasan dan merek tertentu tas yang dibuat di desa itu bisa Anda jual Rp 150.000,- di Bukalapak atau di Lazada. Bahkan lebih mahal dari itu. Dengan demikian, Anda telah membantu suksesnya tetangga dalam melakukan usaha rumahan di desa.

Perbedaan harga sudah memastikan bahwa Anda meraih untung. Kalau melakukan bisnis tas dengan serius, Anda bisa menbuat desain produk, merek, dan rencana pemasaran yang lebih strategis.

Memahami marketing akan mendorong Anda untuk melakukan pengawasan (controling) terhadap kualitas hasil produksi. Produk yang berkualitas baik akan menambah nilai jual produk di pasaran.

Beragam cara menjual produk ke kota

Menjual melalui marketplace seperti Lazada atau Bukalapak adalah salah satu cara menjual produk desa ke kota. Ana bisa menjual produk desa dengan membuat website toko online sendiri. Dengan dukungan jasa pengiriman, produk dari desa akan sampai ke kota dengan keuntungan yang layak.

>  7 Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil yang dapat Dilakukan oleh Siapa Saja

Jika mau lebih menguntungkan lagi, Anda bisa bekerja sama dengan pembeli kulakan di kota.

Biasanya orang-orang pasar mencari produk berkualitas dengan harga lebih murah.

Terapkan perbedaan harga, untuk mengatur keuntungan. Alokasikan keuntungan untuk produsen, keuntungan Anda, dan keuntungan pembeli Anda yang untuk dijual lagi.

Jika semua menikmati keuntungan, maka hubungan bisnis Anda denga produsen dan pembeli grosiran akan berlanjut. Begitula cara usaha yang cocok di pedesaan.

Usaha di desa yang menguntungkan tidak selalu memproduksi sendiri. Faktanya, di desa banyak usaha produksi yang kesulitan memasarkan produknya. Tumpukan produk yang macet terjual bisa membuat pebisnis di desa terhenti.

Jadi pahamilah marketing untuk menjual produk-produk di desa. Kuncinya produksi di desa jual ke kota. Untuk skala usaha mikro cara-cara seperti ini peluangnya masih terbuka lebar. Gunakan teknologi e-commerce sebagai daya ungkit bisnis di desa.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc

To Top