Ramadhan Kareem

10 Bisnis Jualan di Bulan Ramadan yang Cocok Dijalankan dengan Bisnis Online

Jualan kurma, jualan bulan ramadhan cocok bisnis online

Kurma wajib ada di saat berbuka puasa ramadan. Teman umroh saya rajin posting dagangan kurmanya di Facebook dan Instagram, sesekali dia memperlihatkan paket kurma siap kirim.

by: Mas Karim

Bisnis online di bulan Ramadan sebetulnya sama saja dengan berbisnis online di bulan-bulan lainnya. Bedanya, momentum ramadan memiliki peluang yang berbeda. Saat umat Islam mengutamakan ibadah puasanya maka muncul berbegai kebutuhan yang jadi peluang bisnis bagi Anda.

Kelebihan bisnis jualan online, kita bebas menentukan area penjualan sendiri dan waktunya lebih leluasa. Ada produk-produk tertentu yang bisa dijual pada momentum ramadan. Saya rangkum menjadi 10 produk spesifik, Ini hanya contoh saja, Anda pun bisa bereksplorasi dengan jenis produk lain.

Bisnis online #1, Jualan busana muslim

Menjual busana muslim sebaiknya dimulai sebelum puasa dimulai. Momentumnya antara 1 pekan menjelang hari pertama ramadan. Nanti bisa Anda lanjutkan dengan menjual busana muslim kebutuhan lebaran.

Anda tidak punya produk sendiri? Sama halnya dengan jualan offline ketika tidak punya produk sendiri, Anda harus ke toko grosir. Anda boleh membeli grosiran terus Anda jual secara online.

Bisnis online #2, Jualan jilbab atau hijab

Meski sehari-harinya tidak berjilbab, tapi karena menghormati ramadan atau karena mau ke masjid, wanita muslimah mau berjilbab juga. Sediakan jilbab yang trendi agar wanita yang baru berjilbab terlihat lebih cantik. Kali aja, dengan dia terlihat lebih cantik terus mau berjilbab selamanya.

Jilbab sedang tren di seluruh dunia lho… Makin marak online shop yang menjual jilbab. Produknya pun bervariasi dengan desain-desain terbaru. Anda tidak perlu memiliki produk sendiri. Coba tawarkan kerja sama dengan mereka, mungkin ada peluang menjual dengan reseller.

Bisnis online #3, Jualan buku-buku keislaman

Buku-buku format jilid atau cetak bisa dijual secara online. Anda bisa membuat website atau upload di marketplace. Ketika ada buku yang laku Anda bisa kirimkan via jasa pengiriman barang.

Selain buku-buku cetak, Anda pun bisa menjual buku dalam format digital atau sering disebut e-Book. Nampaknya lebih mudah, e-Book bisa dikirm via email atau dengan link tertentu, pembeli tinggal unduh.

Kalau Anda punya buku tulisan sendiri atau membeli hak cipta penulis lain, e-Book juga bisa dijual melalui Google PlayStore.

Bisnis online #4, Jualan camilan/snack

Makanan ringan memang komoditas yang mudah diperjual-belikan. Syaratnya, kemasannya aman, awet, dan tidak mudah rusak. Untuk menjual ke pelanggan muslim, jaminan halal adalah syarat mutlak. Pastikan produk camilan bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sama halnya dengan menjual buku dan produk fashion, jika tidak memiliki produk sendiri Anda bisa menjualkan produk orang lain dengan metode reseller, dropship, atau afiliasi. Lakukan yang paling mudah menurut Anda.

Bisnis online #5, Jualan kaos distro ramadan

Meski kebanyakan produk fashion, distro ramadan bisnis yang berbeda dengan busana muslim. Kaos distro mengandalkan kata desain gambar, kata-kata, atau paduan keduanya.

Namanya kaos ya begitu-begitu aja. Paling beda ukuran, jenis o-neck atau v-neck, raglan, bahan kaos, dan warnanya. Bermainlah di desain yang unik dan menarik minat pembeli.

Bisnis online #6, Jualan kelom tasik

Tasikmlaya punya produk khas, namanya Kelom Geulis Tasik. Produk ini terjual ke Eropa, China, Korea, dan Jepang.

‘Kelom geulis’ dari Tasikmalaya disukai muslimah-muslimah trendi di seluruh Indonesia. Coba gunakan Facebook atau Instagram untuk menjualnya. Cocok dimulai saat ramadan sekalian jualan untuk momentum lebaran.

Cari pengusaha kelom geulis di Tasikmalaya dan Anda bisa bekerja sama dengan mereka untuk suplai produk kelom geulis yang cantik.

Bisnis online #7, Jualan Kurma

Ada teman umroh saya rajin sekali posting-posting dagangan kurmanya di Facebook dan Instagram. Sesekali dia memperlihatkan paket produknya yang siap kirim.

Kurma wajib ada di saat-saat puasa ramadan. Biasanya orang-orang menyediakan kebutuhan kurma beberapa hari. Bantu kebutuhan kurma sekaligus menyiarkan sunnah Rosululloh dalam berbuka puasa bagian dari ibadah berpuasa.

Bisnis online #8, Jualan mushaf quran

Trend belajar mengaji menjelang ramadan dan selama ramadan meningkat. Bantu mereka yang belajar ngaji dengan menyediakan mushaf khusus belajar baca Quran. Peluang bisnis, sediakan paket wakaf Quran untuk dikirim ke masjid-masjid di daerah terpencil.

Presentasikan penawaran wakaf Anda dengan website atau fanpage. Ada program inovatif Gerakan Wakaf 1 Juta Quran dari Syaamil Quran. Mengapa Anda tidak terlibat dengan program mereka. Itu juga bisnis dipadukan dengan dakwah inovatif. Semoga Alloh memberik rahmah kepada mereka yang terlibat pada program ini.

Bisnis online #9, Jualan souvenir ramadan

Syiar ramadan akan semakin semarak saat kita berbagi souvenir ramadan dengan teman-teman. Menjual souvenir ramadan bisa dilakukan secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Menjual melalui Whatsapp dan BBM juga bisnis online lho. Kalau Anda menguasai keterampilannya bisa dipadukan dengan website dan marketplace.

Sama halnya dengan menjual buku dan produk fashion, jika tidak memiliki produk sendiri Anda bisa menjualkan produk orang lain dengan metode reseller, dropship, atau afiliasi. Lakukan yang paling mudah menurut Anda.

Bisnis online #10, Jualan tiket online

Temukan provider tiket online dan travel yang menyediakan program keagenan penjualan tiket online. Anda bisa membantu kesulitan orang yang ingin mudik terutama yang sudah lama merantau ke kota.

Anda, ibu-ibu rumah tangga, gadis desa di kampung, dan mahasiswa, cobalah hubungi teman-teman Anda di kota, tawarkan kepada mereka tiket untuk pulang kampung.

Berjualan secara online saat ramadan pun ditengarai maraknya kasus penipuan online. Anda juga harus waspada terhaap kelemahan bisnis online yang satu ini.

Memang internet belum merata di Indonesia, Anda harus pintar-pintar menentukan target area pemasaran. Anda bisa menggunakan Facebook Ads untuk menentukan target pelanggan, bukan hanya asal daerahnya. Facebook Ads bisa membantu Anda mentukan pelanggan lebih tertarget, mulai kelompok usia, jenis kelamin, hobi, kesukaan, sampai gaya hidupnya sekali pun.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc Themetf

To Top