Bisnis Prospek

5 Cara Memulai Usaha dengan Modal Kecil tapi Bisa Meraih Untung Besar

bali di grosiran tas cimahi, cara memulai usaha baru dengan modal kecil

Memulai usaha dengan modal kecil memang membutuhkan disiplin tinggi. Sementara, di awal Anda harus mengalokasikan 100% keuntungan untuk pertambahan modal bisnis.

by: GrosirCimahi.com

Cara berbisnis dengan modal kecil membutuhkan ketelitian dan ketekunan. Modal kecil harusnya tidak menjadi penghalang untuk memulai suatu bisnis.

Modal yang terbatas terkadang menyulitkan usaha pada saat memulainya. Membutuhkan disiplin ketat agar bisnis yang dimulai dengan modal kecil bisa meraih keuntungan yang besar. Berikut ini 9 cara memulai usaha meski dengan modal kecil.

#1. Temukan pelanggan yang banyak dan potensial

Jangan tergesa-gesa menentukan produk apa yang akan Anda jual. Langkah pertama adalah Anda harus bisa menemukan pelanggan potensial.

Pelanggan potensial berasal dari banyak sumber. Gunakan internet untuk mengetahui produk apa saja yang dibutuhkan banyak orang. Misalnya, buka aplikasi marketplace dan lihat produk apa saja yang menjadi favorit dan hot deal terkini.

Anda bisa menggunakan aplikasi marketplace jual-beli online sepeti Bukalapak, Lazada, Blibli, dan lain-lain.

#2. Dapatkan produk murah berkualitas dan margin tinggi

Setelah Anda temukan pelanggan potensial, baru Anda mencari produk yang terjangkau tapi berkualitas. Jaminan kualitas produk adalah kunci utama kepuasan pelanggan Anda.

>  3 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar Layak Dikerjakan dan Menjanjikan

Margin tinggi tentu saja diperlukan untuk menjamin keuntungan Anda dan keberlangsungan bisnis di masa-masa berikutnya. Tentu langkah ini tidak mudah, tapi dengan riset yang teliti Anda akan menemukannya.

#3. Terapkan down payment untuk ketersedian kas

Jika jual-beli dilakukan secara offline, sebaiknya Anda menerapkan uang DP alias down payment atau uang muka untuk menjamin ketersediaan uang segar. Kalau ada uang dari calon pembeli itu artinya Anda hanya membelikan produk pakai uang dia. Perbedaan harga langsung menjadi margin atau keuntungan.

Jika jual-beli dilakukan secara online dengan penggunaan rekening bersama, mau tidak mau, Anda harus menggunakan modal uang Anda yang sedikit untuk menyediakan produk yang akan Anda jual. Begitulah cara memulai usaha dagang dengan modal kecil.

#4. Alokasi 100%  keuntungan bisnis untuk bisnis

Jangan berpikir apa-apa dulu. Alokasikan 100% keuntungan awal bisnis Anda untuk menabung agar modal Anda bertambah. Biasanya, orang yang baru dapat untung langsung terpikir beli ini dan beli itu, padahal uangnya masih sedikit.

Jangan bernafsu untuk mengganti gadget dulu. Fokus mengumpulkan modal awal lagi agar proses bisnis berikutnya menjadi lebih lancar dengan pertambahan modal sebagai cara memulai suatu usaha dengan modal kecil.

Contoh penerapannya, jangan mengubah bajet makan dulu karena Anda merasa sudah mendapat keuntungan pertama. Hiduplah dan makan seperti biasanya.

>  7 Ide Bisnis di Bulan Ramadan yang Modalnya Kecil tapi Untung Lumayan

#5. Terapkan disiplin terhadap penggunaan uang

Disiplinnya harus disiplin tinggi. Bedakan kepentingan ego dan bisnis dulu, ini pun harus dilakukan dengan disiplin yang ketat. Jangan campur-baur dulu nafsu berbelanja pribadi Anda dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kebutuhan pribadi banyak dan terkadang tidak terkendali. Kebutuhan bisnis Anda fokuskan saja kepada hal-hal yang menambah performa meraih keuntungan.

Contoh, jika gadget memang memudahkan bisnis dan meningkatkan keuntungan, ya beli saja gadget yag dibutuhkan. Tapi kalau gadget yang ada sudah cukup, jangan tergoda untuk membeli smartphone baru yang terkesan lebih canggih.

Memulai usaha dengan modal kecil memang membutuhkan disiplin tinggi. Sementara, di awal Anda harus mengalokasikan 100% keuntungan untuk pertambahan modal bisnis.

>  23 Peluang Bisnis di Bulan Ramadan Cocok Dilakukan oleh Pemuda dan Mahasiswa

Yang penting kan harus tersedia uang kas. Penerapan uang DP alias down payment atau uang muka untuk menjamin ketersediaan uang segar. Pastikan pelanggan Anda mendapatkan produk berkualitas tapi Anda pun masih meraih margin yang lumayan.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc

To Top