Bisnis Online

10 Cara Mudah Mendapatkan Produk Dropship yang Murah dan Berkualitas

Quality Product

Mendapatkan produk murah berkualitas itu penting untuk menjamin perhitungan profit sejak awal Anda memulai bisnis dropship. Tapi mendapatkan suplier yang bisa diandalkan jauh lebih penting.

by: Aspect.com

Mendapatkan produk dropship yang murah tapi berkualitas merupakan langkah awal memulai bisnis online dropship. Tanpa produk apa yang mau dijual. Anda harus menemukan cara mendapatkan produk dropship yang bisa diterapkan dengan baik.

Bisnis dropship itu kan berjualan, jualan produk orang lain. Dapatkan produk murah berkualitas dari supplier dropship yang bisa diandalkan. Barang harga murah saja tidak cukup.

Produk yang Anda jual haruslah berkualitas agar reputasi toko online dropship Anda semakin baik dan terpercaya di mata pembeli.

Berikut 10 cara mendapatkan produk dropship yang harganya murah tapi barangnya berkualitas.

1. Temukan di marketplace

Marketplace lokal di Indonesia seperti Lazada, Blibli, Bukalapak, dan Tokopedia, menyediakan banyak produk dengan beragam harga. Mengapa demikian? Karena suatu jenis produk bisa dijual oleh banyak pedagang.

Sangat mungkin, beberapa produk yang sama dijual oleh pedagang berbeda yang barangnya tersimpan di gudang yang sama. Coba beli satu produk untuk mengetahui kualitasnya.

2. Dari produsen langsung

Produsen harusnya bisa menjual produknya dengan harga lebih murah dibanding harga pasaran. Perhatikan kualitasnya. Jika kualitasnya baik, produk itu layak untuk dijual online.

Diskusikan dengan produsen tentang harga pasaran yang diterapkan oleh pemasar lain.

3. Dari toko grosir/agen

Di mana-mana selalu ada toko grosiran atau agen. Tapi tidak semua produk layak dijual secara online. Anda harus menghitung margin minimal agar suatu barang bisa dijadikan produk jualan online.

Jangan sampai ongkos kirim lebih mahal dengan harga jual barang.

Tidak apa-apa juga sih.. tapi nampaknya agak mustahil ada pelanggan yang mau membelinya. Sekali lagi, pastikan kualitas produknya memungkinkan untuk dijual online

4. Toko online langganan

Jika Anda puas dengan produk toko online jilbab atau sepatu, coba tanyakan apakah ada kemungkinan kerja sama dropship. Anda bisa tanyakan harga khusus dropship.

Kualitasnya kan Anda sudah tahu. Itu pun kalau Anda puas. Coba promosikan produk yang sudah Anda pakai kepada orang-orang sekitar Anda.

5. Komunitas dropship

Bergabung dengan komunitas dropship kadang menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang tidak mau melakukan sendiri. Ada komunitas yang berbasis di grup whatsapp, portal forum, dan lain-lain.

Kalau reliabel, Anda boleh bergabung ke komunitas dropship berbayar. Tapi kalau masih terbatas atau Anda lebih suka melakukan riset produk sendiri sebaiknya hindari komunitas dropship berbayar.

6. Import produk dari China

Siapa yang tidak tahu kalau produk China itu murah-murah. Produk murah juga bukan berarti tidak berkualitas.

Untuk melayani permintaan pasar dalam negeri, Anda bisa mengimpornya dan langsung dikirim ke alamat yang pembeli. Atau kalau belum menguasai caranya, coba bekerja seperti cara reseller berjualan.

7. Produk kenalan di komunitas bisnis

Mungkin Anda ikut perkumpulan bisnis yang ada pertemuan rutin atau ada grup di media daring Whastapp. Coba sambil perhatikan, adakah teman yang memiliki produk murah berkualitas?

Jika ada, ajaklah kenalan Anda untuk kerja sama dropship. Sambil lalu, jajaki reputasi kenalan baru Anda itu. Inilah salah satu cara mendapatkan produk dropship yang mudah dilakukan.

8. Meniru jualan dropship lain

Banyak sekali dropshipper bertebaran di dunia online. Anda bisa mendapatkanya di mesin pencari, pedangang di facebook dan instagram. Perhatikan iklan-iklan mereka dan cek harganya.

Anda bisa melakukan hal yang sama, menjual produk serupa. Bisa jadi, supplier dropshipnya adalah toko dan gudang yang sama dengan yang Anda temukan di marketplace.

9. Menjualkan produk teman

Punya teman pengusaha yang memproduksi? Luangkan waktu untuk mempelajari kualitas produknya.

Jangan meremehkan produk teman sendiri, kalau memang layak jual beranikan diri Anda untuk menawarkan kerja sama dropship.

Anda tahu teman Anda. Reputasinya bisa Anda lihat sejak Anda kenal dengannya.

10. Temukan produk di pameran

Jangan hanya datang berbelanja ke arena pameran. Trutama produk-produk UKM, cobalah perhatikan kualitas dan harga yang mereka tawarkan. Anda bisa mengumpulkan beragam produk yang ada di ruang-ruang pameran.

Mendapatkan produk murah yang berkualitas itu penting untuk menjamin perhitungan profit sejak awal Anda memulai bisnis model dropship. Tapi mendapatkan supplier yang bisa diandalkan jauh lebih penting. Supplier dropship Anda adalah pangkal dari kepuasan pelanggan Anda.

Tugas Anda dalam menjual memastikan bahwa harga jual barang ke penjual lebih tinggi dari pada harga pembelian Anda dari pemasok, supplier dropship Anda.

Baca >  9 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Pelaku Bisnis Dropship Pemula
To Top