Bisnis Online

5 Tips Efektif Mengatasi Komplain Pembeli dalam Bisnis Online Dropship

komplain pelanggan dropship

Catat semua hal yang menjadi keluhan pembeli Anda dan segera lakukan evaluasi untuk perbaikan layanan selanjutnya

by: Manajement.info

Komplain pembeli merupakan bagian dari bisnis dropship, Anda harus punya cara mengatasi pelanggan yang komplain. Mungkin pelanggan akan komplain karena menunggu barang terlalu lama.

Atau, barang yang diterima tidak sesuai harapan. Bahkan ada kasus salah barang. 99% pembeli pasti komplain.

Gunakan cara mengatasi pelanggan yang komplain

Kejadian-kejadian itu bisa saja terjadi karena adanya jarak antara pembeli, penjual dropship, dan fisik produk. Calon pembeli menerima informasi dan karakteristik barang yang akan dibelinya hanya dari penjual dropship.

Jangan bingung menghadapi komplain pembeli. Mau tidak mau, Anda sebagai pebisnis harus menghadapi komplain itu.

Tips #1 – Menyimak dan beri empati

Saat pembeli yang komplain sedang menyampaikan keluhannya Anda simak saja, dan jangan sekali-kali menyela pembicaraan. Dalam jeda tertentu, Ucapkan kata-kata yang menunjukkan empati Anda kepada pelanggan agar dia merasa sedang diperhatikan.

Ada kalanya, orang yang komplain berbicara dengan nada emosional. Sebaiknya Anda tidak memberi penjelasan apapun sebelum dia selesai berbicara. Karena orang yang sedang emosi, otaknya sedang tidak bisa menerima masukan apapun dengan logis.

Tips #2 – Tetap rileks dan jaga wibawa

Terkadang pembeli merasa keluhannya tidak diperhatikan karena sikap kita yang kaku dalam menghadapi komplain.  Hadapi dengan santai dan jangan terlalu formal. Lupakan dulu syarat-syarat dan ketentuan toko online Anda.

Jaga wibawa Anda sebagai penjual, ini sangat penting. Jangan balik emosi, agar Anda tidak kehilangan reputasi dan kepercayaan darinya.

Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri atau staf Anda saat memberi respon terhadap komplain. Karena komplain adalah suatu hal yang biasa dan menjadi bagian dari bisnis dropship Anda.

Baca >  Mindset Awal Facebook Ads, Pelajari sebelum Beriklan di Facebook

Tips #3 – Tawarkan beberapa solusi

Saat keluhan dan kekecewaan telah disampaikan, segera Anda tawarkan beberapa solusi sebagai penyelesaian masalah dengan cara mengatasi pelanggan yang komplain. Usahakan tetap tidak merugikan pembeli. Sebaliknya, alternatif solusi juga tidak merugikan Anda. Misalnya Anda menawarkan menukar barang atau kembali uang (refund). Saat seperti inilah Anda butuh supplier handal yang bisa kerjasama mengatasi komlain pelanggan.

Berikan penjelasan rinci mengenai pilihan-pilihan solusi yang Anda tawarkan. Hindari kesalahpahaman agar tidak terjadi komplain berikutnya.

Jika memang komplain ini disebabkan oleh kesalahan toko online Anda, maka tidak ada salahnya Anda berkorban sedikit rugi.

Itu semua demi menjaga reputasi toko online Anda. Bersiaplah untuk memperbaiki pelayanan selanjutnya.

Baca >  Tips Dropship! 5 Cara Promosi Toko Online untuk Menjaring Konsumen

Misalnya, barang bisa ditukar namun ongkos kirim ditanggung oleh Anda selaku penjual. Itu win win solution. Kan pembeli sudah menanggung ongkos kirim dalam situasi normal tanpa masalah.

Tips #4 – Follow-up dan beri kabar baik

Pelanggan sudah menentukan pilihan solusi yang Anda tawarkan. Sekarang saatnya Anda untuk menjalankan solusi itu. Gunakan cara mengatasi pelanggan yang komplain secara efektif di bagian ini.

Kabari pembeli yang komplain tentang seputar perkembangan yang sudah Anda lakukan dalam mengatasi komplain. Dengan demikian, bisa menghindari adanya komplain susulan dari pembeli Anda.

Tips #5 – Catat masalahnya dan lakukan evaluasi

Catat semua hal yang menjadi keluhan pembeli Anda dan lakukan evaluasi. Kelalaian apa yang mengakibatkan pembeli Anda komplain?

Cari penyebabnya dan segera lakukan pembenahan layanan agar semakin bisa memuaskan pelanggan lain.

Komplain pelanggan dalam bisnis itu hal biasa

Makanya dalam bisnis-bisnis yang besar ada divisi khusus yang bertugas menangani keluhan pelanggan yang dilengkapi prosedur dan cara mengatasi pelanggan yang komplain. Itulah mengapa dalam marketing perlu mempelajari layanan konsumen. Saya punya toko online Store Scout.ID dan saya menerapkan cara mengatasi pelanggan yang komplain di toko online ini

Baca >  9 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Pelaku Bisnis Dropship Pemula

Jika ada komplain, Anda wajip menyimah keluhannya. Tetap rileks dan jawa wibawa sebagai penjual, Anda harus menawarkan solusi yang saling tidak rugi. Tetap jalin hubungan baik dengan pembeli yang komplain.

To Top