Bisnis di Desa

Tips Berjualan Pulsa sebagai Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga di Desa

Jualan pulsa, usaha sampingan ibu rumah tangga di desa

Jualan pulsa menjadi peluang usaha rumahan di desa, warga desa sekarang kebanyakan menggunakan handphone dan butuh pulsa.

by: Metro Tronik

Usaha sampingan ibu rumah tangga di desa bisa dimulai dengan berjualan pulsa. Bisnis jualan pulsa makin marak, masuk ke desa-desa. Peluangnya masih bagus, andalannya adalah pelayanan. Keuntungan per transaksi memang tidak besar, butuh kedisiplinan tinggi agar jualan pulsa menjadi usaha yang berkelanjutan.

Jualan pulsa menjadi peluang usaha rumahan di desa, warga desa sekarang kebanyakan menggunakan handphone dan butuh pulsa. Penggunaan internet yang memakan kuota pun jadi favorit anak-anak muda di desa. Berikut tips berjualan pulsa di desa agar usaha ini agar menguntungkan.

Pilih provider yang handal

Provider penyedia pulsa adalah kunci utama pelayanan Anda pelanggan. Sebaik apapun Anda berinteraksi dengan pelanggan jika sistem yang disediakan provider kurang mendukung justru akan merusak hubungan baik dengan pelanggan.

Pastikan sistem provider penyedia pulsa jarang terganggu. Alasan error dan tidak bisa melayani transaksi penjualan pulsa harus dihindari.

Jangan mengandalkan satu provider

Setiap provider meimiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang harganya murah tapi sering gangguan dan transaksi jualan pulsa lambat. Ada yang cepat proses transaksinya tapi harganya mahal. Jangan fokus pada harga murah.

Sebaiknya cari sistem yang transaksinya cepat, top up deposit mudah, dan didukung oleh customer service yang handal.

Pastikan cukup deposit

Jualan pulsa usaha yang cocok di pedesaan, pastikan Anda memiliki deposit yang cukup agar dapat berjualan dengan lancar. Awal-awal lihat dulu frekuensi transaksinya. Setidaknya, Anda memiliki deposit yang cukup untuk satu minggu.

Layani transaksi dengan nominal rendah untuk memperbanyak transaksi dan memaksimalkan keuntungan. Transaksi dengan nominal besar akan cepat menghabiskan stok deposit tapi keuntungannya sedikit.

Berlangganan internet yang stabil

Berjualan pulsa di pedesaan kadang terkendala dengan sinyal internet yang tidak stabil. Provider yang menyediakan fitur transaksi via aplikasi pasti sering terganggu juga.

Secanggih apapun servernya kalau internet di kampung Anda sering terganggu maka transaksi akan sering terganggu juga. Kasihan pelanggan yang harus berjalan kaki beberapa meter hanya untuk membeli pulsa harus kembali pulang tanpa transaksi.

Atau gunakan transaksi via SMS

Transaksi dengan pesan singkat (SMS) bisa menjadi solusi untuk sinyal internet yang sering tidak stabil. Anda harus memiliki pulsa yang cukup agar transaksi pun lancar. Berlangganan promo paet SMS bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mampu melayani banyak transaksi.

Hindari utang-piutang dengan pelanggan

Utang-piutang dan pembayaran yang macet sering kali menjadi pengganggu jualan pulsa di desa. Gimana ya.., tetangga kalau tidak diutangain kadang jadi masalah. Diutangin juga malah tambah bermasah.

Dilema juga memberikan utangan pulsa kepada tetangga, teman, maupun saudara sendiri. Pokoknya cari cara untuk menghindari utangan pulsa. Macet pembayaran berarti deposit pun macet, dan penjualan pulsa juga jadi macet.

Padukan dengan jasa PPOB

Jasa PPOB atau payment point online bank adalah jasa pembayaran tagihan atau setoran tertentu. Biasanya, PPOB dikelola oleh bank melayani pembayaran listrik, pembelian token listrik prabayar, pembayaran tagihan leasing cicilan motor, mobil, atau kredit lainnya.

PPOB dapat menjadi usaha di desa yang menguntungkan. Sama seperti berjualan pulsa, PPOB butuh kedisiplinan tinggi. Pastikan provider bagus, cukup deposit, dan hindari utang-piutang.

Usaha rumahan di desa seperti berjualan pulsa bisa dilakukan tanpa harus sering-sering keluar rumah. Usaha jualan pulsa di rumah cocok untuk ibu rumah tangga di desa. Sambil menjaga dan mendidik anak di rumah, ibu-ibu desa yang berjualan pulsa bisa tetap mengerjakan pekerjaan rumah.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc Themetf

To Top