BlogScout

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Simphoni & Vokal 3 Stanza

Lagu Indonesia Raya 3 Stanza (vokal, simphoni, teks) setelah diupdate dua baris teks. Masyarakat kini bisa mengakses tutorial lagu kebangsaan Indonesia Raya melalui internet.

Seluruh tata cara menyanyikan dan memainkan lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman itu dapat dilihat di situs laguindonesiaraya.id.

Kemendikbud melakukan perekaman ulang Paritur Lagu Indonesia Raya 3 Stanza pada Mei 2017 di studio rekaman Lokananta, Solo. Lokananta dipilih menjadi lokasi rekaman karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Partitur Lagu Indonesia Raya, oleh FANFARE, dari Peraturan Pemerintah NO.44 TH 1958

Rekaman Lagu Indonesia Raya 3 Stanza dilakukan oleh putra-putri terbaik Indonesia yang tergabung dalam orkestra Gita Bahana Nusantara. Lagu kebangsaan satu stanza dan tiga stanza direkam dalam lima versi, yaitu unisono, orkes simfoni, orkes harmoni, iringan piano dan fanfare.

Baca >  Cara Menulis Artikel yang Disukai Pembaca dan Mesin Pencari

Latar belakang munculnya ide Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Ide untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza sudah ada sejak peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016 lalu. Pada acara itu, pertama kali Indonesia Raya 3 stanza dinyanyikan.

Kemudian muncul pemikiran lagu Indonesia Raya pada stanza kedua dan ketiga justru sangat relevan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari, terutama belakangan ini.

Nah bertolak dari pemikiran lirik ini enggak dikenal, padahal lirik stanza kedua dan ketiga sangat relevan dengan apa yang kita hadapi sekarang. Lalu soal keadilan, bukan hanya keadilan sosial, keadilan ruang juga.

Baca >  Instrumen Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 3 Stanza

Ide ini disamppaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Hilmar Farid mengungkapkan, kata dia Gedung Ditjen Kebudayaan Jakarta, Kamis (1/6/2017) di hadapan wartawan.

To Top