BlogScout

Membuat Judul Artikel dengan Kata Kunci Tapi Menarik Minat Pembaca

Judul Memikat Pembaca

Pembaca terkadang perlu dibantu dengan pertanyaan agar bisa ingin tahu. Memasukkan sedikit misteri atau pertanyaan dalam judul Anda dapat membantu mendorong lebih banyak orang untuk membaca artikel Anda

by: Udex Image

Pembaca artikel awalnya terpikat dengan judul, kemudian meng-klik, dan membaca isi artikel. Banyak cara membuat judul artikel yang mampu menarik minat pembaca. Yang pasti, judul harus jelas, membuat pembaca bertanya-tanya, merasa akan mendapat manfaat.

Judul yang memuat kata kunci mempermudah pencarian. Meski judul muncul di halaman  pertama mesin pencari, kalau tidak mengundang minat baca, maka tidak akan di-klik oleh pencari artikel. Maka penting, membuat judul yang baik mengandung kata kunci dan menarik minat baca.

Judul artikel singkat, padat, jelas

Prinsipnya, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Judul singkat, padat, dan jelas bisa dengan menghilangkan kata sambung yang kurang tepat. Anda dapat saja kreatif membuat judul artikel yang menarik, tetapi Anda harus ingat bahwa judul yang sederhana dan jelas selalu menang.

Saya tidak memberikan contoh dalam ulasan ini. Tapi mulailah mengenal kata-kata salah atau kurang lazim tapi sering digunakan.

Buat pembaca ingin tahu lebih dalam

Kalimat tanya bisa diterapkan untuk mengundang keingintahuan lebih dalam oleh pembaca. Pembaca terkadang perlu dibantu dengan pertanyaan agar bisa ingin tahu. Memasukkan sedikit misteri atau pertanyaan dalam judul Anda dapat membantu mendorong lebih banyak orang untuk membaca artikel Anda.

>  Tips Menggunakan Kata Kunci (Keyword) dalam Menulis Artikel

Contoh: Mengapa Tetap Kurus Meski Sudah Banyak Makan? Mengapa Kantuk Menyerang di Pagi Hari Meski Telah Minum Kopi? Belajar Serius dan Rajin tapi Gagal Ujian, Mengapa?

Hipnotis pembaca dengan angka

Angka bisa membuat orang terhipotis untuk bertanya. Angka-angka membuat orang bertanya-tanya, apa saja? Kok cuma segitu? Apakah sesederhana itu?

Gunakan angka untuk mengundang minat pembaca. Situs BuzzFeed sering berhasil membuat judul artikel yang menarik banyak pengunjung. Rahasianya terletak pada angka.

Contoh: 10 Langkah Sederhana Agar Lulus Sekolah Favorit, 19 Cara Alternatif untuk Menghitung Luas Tanah, 3 Cara Mudah Melunasi Utang Cicilan Kartu Kredit.

Buatlah judul yang mengandung manfaat

Anda bisa menonjolkan manfaat dalam membuat judul. Gunakan kata ‘tips’, ‘trik’, ‘manfaat’, ‘agar’.

>  Tips Menggunakan Kata Kunci (Keyword) dalam Menulis Artikel

Contoh: Tips Olahraga Ringan yang Cepat Mengecilkan Perut, Trik Mengatasi Baju Kotor agar Terlihat Bersih, Manfaat Apel Merah Selain Menghaluskan Kulit.

Bisakah membuat artikel yang layak di-share?

Pembaca di internet terkadang hanya tertarik pada judul. Lalu membagikannya tanpa dibaca sebelumnya. Mengapa tidak dibuat saja judul artikel untuk di-share?

Namun, kita tetap harus bertanggung jawab. Jangan sampai judulnya sangat menarik bahkan membuat orang lain nge-share. Isi artikel kita harus tetap memberi manfaat sesuai judul yang kita tuliskan.

Buatlah judul yang memuat kata kunci

Pastikan kata kunci masuk dalam serangkaian judul artikel. Tujuannya agar robot mesin pencari mudah mendeteksi artikel tulisan Anda. Tapi meletakkan kata kunci juga harus enak dibaca agar mengundang minat baca.

Pentingnya judul artikel dalam menarik minat pembaca bisa Anda pelajari 10 Prinsip Membuat Judul Konten yang Mampu Mengikat Perhatian Pembaca.

>  Dangdut Jawa Meriahkan Pawai Budaya Nusantara di Arena Rainas 2017

Sering kali kita menemukan judul yang panjang tapi tidak menarik minat baca, bahkan sampai terpotong. Judul yang berkualitas itu singkat tapi padat, mengundang rasa ingin tahu, memikat pembaca, kalau bisa membuat orang lain tertarik membagikan kepada pembaca lain.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc

To Top