Bisnis Prospek

4 Usaha Dagang dengan Modal kecil Cocok untuk Belajar Bisnis Kecil-kecilan

Kerupuk untuk dijual, bisnis kecil-kecilan, usaha dagang modal kecil

Beli krupuk 1 bal seharga Rp 9.000,- lalu kemas ulang menajdi 22 paket kemasan kecil yang bisa dijual Rp 1.000 per kemasan kecil, maka margin kotor hasil penjualan mencapai Rp 11.000,-.

by: Kerupuk ANLI

Belajar usaha kecil-kecilan bisa dimulai sedari muda. Sejak dini, anak-anak atau remaja sebaiknya dibiasakan untuk belajar usaha dagan dengan modal kecil. Modal kecil terkait dengan risiko kecil yang harus menjadi latihan selama belajar.

Latihan mental dari risiko kecil. Seandainya terjadi kerugian usaha, mulai dari kerugian kecil. Sebaliknya, jika pun untung maka keuntungannya pun tidak akan terlalu besar dan mental kaya dengan berbisnis terlatih dengan pelan. Berikut ada bisnis-bisnis denga modal kecil yang bisa dijadikan kesempatan belajar usaha kecil-kecilan.

Bisnis #1, Produksi dan jualan souvenir

Ada biaya produksi untuk membuat souvenir yang harapannya bisa terjual. Anda harus bisa menjual souvenir karya Anda dengan harga yang lebih tinggi daripada biaya produksi. Pelajari bagaimana menghitung biaya preduksi souvenir buatan Anda.

Ingat, souvenir harus terjual. Jangan sampai hanya membuat souvenir tapi terus disimpan. Itu namanya bukan bisnis. Praktikkan usaha dagang dengan modal kecil, souvenir buatan Anda harus terjual dan meraih keuntungan. Itu baru namanya bisnis tahap awal belajar.

Bisnis #2, Desain dan menjual kaos distro

Mendesain adalah proses kreatif, proses mencintai karya Anda sendiri. Inilah bagian penting dari bisnis distro. Kelak Anda bisa membeli desain dari orang lain. Tapi tanpa proses mencintai, bisnis Anda tidak akan menjadi bisnis jangka panjang. Buatlah desain yang Anda suka dan disukai banyak orang.

Jika desain Anda disukai banyak orang, ada kemungkinan produk kaos hasil desain Anda bisa terjual. Mulailah memakai karya Anda sendiri dan menjual ke orang-orang di sekitar Anda. Kalau Anda malu menjual di tahap awal, pilihlah cara menjual secara online.

Bisnis #3, Produksi kue dan menjualnya

Sebenarnya tidak harus memproduksi untuk mendaptkan keuntungan dari penjualan kue. Anda bisa menjual kue hasil produksi orang lain. Beli di pasar kue lalu kue dijual lagi, maka Anda pun akan mendapatkan keuntungan. Cara seperti ini tidak akan membuat Anda menjadi pengusaha yang melayani.

Memproduksi kue dan menjualnya bersama kue-kue kulakan di pasar, perpaduan belajar usaha kecil-kecilan yang menguntungkan. Bisnis itu proses belajar dan memastikan keuntungan, termasuk keuntungan finansial.

Bisnis #4, Berjualan makanan ringan

Makanan ringan mudah dijual dengan marjin yang optimal. Contohnya, Anda bisa membeli krupuk 1 bal seharga Rp 9.000,- bisa dikemas ulang menajdi 22 paket kemasan kecil yang bisa Anda jual Rp 1.000 per kemasan kecil. Maka margin kotor hasil penjualan Anda mencapai Rp 11.000,-.

Tapi itu kan itungan kalkulator. Anda harus benar-benar menjualnya agar usaha dagang Anda betul-betul terwujud. Ini soal belajar, menghitung keuntungan saja bukan bisnis. Yang namanya bisnis, jika Anda sudah menemukan cara menjual dan berhasil.

Usaha dagang dengan modal kecil sebetulnya mudah untuk dijalankan. Hanya saja, sebagian besar orang terkendala dengan rasa malu dan keraguan karena banyak pertimbangan. Malu karena bekerja dengan modal kecil, malu karena bisnisnya ‘kecil-kecilan’. Ragu karena modalnya kecil, apakah iya kan menjadi usaha dagang yang besar.

Lakukan saja..! Itulah prinsip awal belajar berbisnis. Mulai saja sekali pun dengan praktik bisnis kecil-kecilan.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc Themetf

To Top