Ramadhan Kareem

Semua Orang Islam Wajib Membayar Zakat Fitrah, Kecuali …

Zakat Fitrah salah satu kewajiban kita sebagai muslim yang telah ditentukan untuk dibayarkan pada bulan Ramadan. Zakat itu salah satu rukun Islam, jadi semua muslim wajib kecuali yang tidak mampu dan tidak memenuhi syarat wajib zakat fitrah.

Semua orang Islam atau muslim wajib membayar zakat fitrah, sekali pun ia hanya Islam KTP dan belum pernah sholat. Antara sholat dan zakat itu dua kewajiban berbeda meski saling menyempurnakan.

Muslim yang wajib mengeluarkan zakat fitrah

Muslim itu sebutan untuk orang yang beragama Islam. Dengan kalimat lain, semua orang yang agamanya Islam itu disebut muslim. Karena zakat merupakan rukun Islam maka, semua muslim wajib membayar zakat.

Namun ada syarat wajib dan ketentuannya. Syarat wajib zakat fitrah adalah kondisi yang menyebabkan muslim menjadi wajib mengeluarkan zakat fitrah.

>  10 Bisnis Jualan di Bulan Ramadan yang Cocok Dijalankan dengan Bisnis Online

Syaratnya sebagaimana diterangkan oleh Imam As-Syafi’ie, adalah muslim mampu mampu. Mampu yang dimaksud adalah, ia mempunyai kelebihan makanan atau bahan makanan atau harta dari keperluan seluruh tanggungannya untuk dikonsumsi pada malam hari dan pagi di hari raya (idul fitri).

Syarat lainnya, ia hidup, masih hidup, atau telah hidup saat maghrib di malam hari raya (idul fitri) atau hari terakhir bulan Ramadan.

Kecuali …?

Mereka yang tidak punya kemampuan, tidak memiliki cadangan makanan untuk dimakan di hari raya tidak wajib membayar zakat fitrah. Orang yang fakir atau miskin yang dalam kondisi ini di malam idul fitri tidak wajib mengeluarkan zakat fitrah sampai memiliki simpanan makanan, bahan makanan, atau harta untuk dinikmati bersama tanggungannya.

>  Momentum Tahunan Berbisnis di Bulan Ramadan, Peluang Usaha yang Bagus

Orang fakir-miskin yang telah menerima banyak zakat fitrah dari muslim-muslim lainnya dan melebihi kebutuhan makan di hari raya wajib mengeluarkan zakat fitrah. Ia berkewajiban mencari fakir/miskin lain yang lebih membutuhkan. Lebih baik lagi, membayarkan zakat fitrahnya melalui amil zakat.

Bayi yang lahir setelah adzan maghrib tidak wajib dibayarkan zakat fitrahnya. Begitu juga orang Islam yang hidup di bulan ramadan tapi meninggal sebelum adzan maghrib (malam idul fitri) juga tidak wajib dibayarkan zakat fitrah. Tapi bayi yang lahir pukul 17.00 dan meninggal pukul 21.00 tetap wajib dibayarkan zakat fitrahnya.

Wallohu ‘alam bi ash-showaaf…

_________________________

Tulisan ini dibuat untuk menjawab pertanyaan dari adik-adik saya dalam kegiatan Pesantren #RamadanSERU di Masjid At-Taqwa Citepus.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc

To Top