Bisnis di Desa

7 Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil yang dapat Dilakukan oleh Siapa Saja

Mengantar air isi ulang, peluang bisnis yang cocok di desa

Bisnis yang cocok di daerah pedesaan modalnya hanya semangat, jujur, dan kemampuan berterus terang dengan baik. Orang desa punya banyak kebutuhan yang bisa dilayani dan jadi peluang bisnis bagi Anda yang tinggal di desa.

by: Yanwar

Peluang usaha di desa bisa dimulai dengan modal kecil. Saat ini motor (sepeda motor) menjadi modal awal yang harus dimiliki. Jangan hitung harga motornya, karena Anda berbisnis atau tidak motor tetap jadi kebutuhan hidup di desa kalau mau bergerak cepat.

Bisnis yang cocok di daerah pedesaan modalnya hanya semangat, jujur, dan kemampuan berterus terang dengan baik. Orang desa punya banyak kebutuhan yang bisa dilayani dan jadi peluang bisnis bagi Anda yang tinggal di desa.

1. Jualan pulsa dan PPOB

Jualan pulsa memang banyak saingan, tapi memang ini peluang paling empuk karena hampir semua orang di desa tua-muda menggunakan telpon genggam. Rumah orang miskin di desa pun sudah pasang listrik token.

Orang-orang desa ada yang punya cicilan motor dan mobil, BPJS, dan menerima kiriman uang dari luar negeri. Semua itu bisa peluang bisnis atau usaha yang cocok di desa berkembang.

Modalnya hanya deposit untuk melayani setiap pembayaran. Kalau punya modal yang cukup, lakukan deposit sekurang-kurangnya 5 juta rupiah untuk melayani pelanggan. Hindari utang-piutang agar tehindar dari macetnya pembayaran yang mengakibatkan kerugian.

2. Jasa antar air isi ulang

Anda tidak harus punya depot atau gerai isi ulang air minum sendiri. Anda bisa bekerja sama dengan pemilik gerai air isi ulang agar tidak terlalu banyak mengeluarkan modal awal. Modal Anda adalah kendaraan berupa motor yang sudah didesain sedemikian rupa agar mudah dalam pengangkutan air galon.

Sebarkan brosur lengkap dengan nomor kontak untuk mempermudah pelangan melakukan orderan, contoh usaha yang cocok di desa.

3 Jasa belanja bulanan

Belanja bulanan sekaligus memang jarang dilakukan orang desa karena terkendala uang kas yang terkadang minim. Tapi ada sekelompok orang yang kaya dan punya uang cash yang cukup belanja perbulan.

Itu usaha yang cocok di daerah desa, cocok untuk Anda yang mau melayani mereka belanja ke kota. Mereka tinggal duduk diam di rumah. Gunakan kendaraan Anda untuk berbelanja barang lebih murah ke tempat yang agak jauh. Lalu terapkan biaya jasa belanja.

4. Jasa ojek online mandiri

Bandung ada Go-Jek, Grab, Uber, Teknojek, dan lain-lain. Di desa mana ada ojek-ojek online seperti itu. Mengapa Anda tidak menawarkan ojek online mandiri?

Kalau Anda punya motor dan telpon seluler, kabarkan kepada tetangga dan teman Anda bahwa mulai sekarang Anda melayani ojek by phone. “Tinggal telepon dan SMS, saya meluncur untuk mengantar,” bilang aja gitu bisnis yang cocok di desa.

Selain ojek yang dadakan, Anda bisa menawarkan jasa antar-jemput sekolah reguler. Biasanya anak-anak orang kaya di kampung kan sekolahnya ke kota.

5. Bisnis online di internet

Bisnis online bisa dilakukan di mana saja, bahkan di desa terpencil tapi masih ada jaringan internet. Anda bisa jualan online dengan membuat website toko online sendiri, menjual produk melalui market place sepert Bukalapan, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lainnya.

Ngeblog menjadi publisher, melayani jasa menulis artikel, atau jasa review produk bisa Anda jalankan di desa. Anda bisa menulis di desa panen dan panen transferan duit dari kota. Atau jika sinyal internet di desa stabil, Anda bisa berbisnis jual beli saham atau jual beli valuta asing (valas). Menjual secara online untuk saat ini menjadi tren bisnis yang cocok di wilayah pedesaan.

6. Bisnis Calo Pa-Lu-Ga-Da

Apa aja lu gua selalu ada alias PALUGADA. Layani semua permintaan orang kampung di desa Anda. Itu bisnis yang sangat mungkin di lakukan. Modalnya adalah jujur dan terus terang. Jujur diperlukan karena siapa pun tidak suka ditipu. Anda harus jujur dalam menerapkan harga, karena mereka tetangga Anda kan?!

Terus teranglah bahwa Anda mengeluarkan biaya, tenaga, dan pikiran untuk melayani kebutuhan mereka. Biaya mungkin biaya bensin, makan dan waktu saat menunggu, dan rokok bagi yang merokok. Tenaga sudah pasti karena Anda telah melayani kebutuhan mereka. Pikiran dibutuhkan saat berurusan dengan banyak orang.

Jadi terapkan biaya jasa yang masuk akal dan saling mengikhlaskan antara Anda dan tetangga yang Anda layani.

7. Biro jasa mengurus dokumen

Hingga saat ini tidak semua orang mudah mengurus dokumen resmi mulai dari akte kelahiran, KTP, SIM, surat keterangan domili dan surat lainnya. Selain ribetnya birokarasi, orang desa juga masih banyak yang malas antri. Ini peluang bisnis bagi Anda. Lagi-lagi, modalnya harus jujur dan terus terang.

Mulailah bertemu tetangga Anda dan katakan pada mereka bahwa Anda melayani pengurusan dokumen. Buat kartu nama sederhana untuk meninggalkan informasi kepada tetangga sekampung Anda.

Bisnis yang cocok di daerah pedesaan bisa dimulai dengan modal kecil. Asal jujur dan mau berterus terang, Anda bisa menjadi calo kepercayaan orang-orang di sekitar Anda. Semua orang butuh minum jadi Anda bisa mengantar air minum di desa.

Anda bisa jadi ojek di kampung, melayani belanja bulanan, atau lebih canggih lagi dengan berbisnis online. Jadi sebenarnya, usaha yang cocok buat di desa tidak hanya membuat kue atau berjualan pulsa.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc Themetf

To Top