Bisnis Online

7 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis Online Dropship

toko online dropship

Anda bisa membuat toko online sendiri dengan menggunakan Cepatlakoo. Cepatlakoo adalah sebuah theme atau template toko online untuk WordPress + WooCommerce dengan fitur yang lengkap.

by: A1 Suplement

Memulai bisnis online dropship yang sederhana, modal kecil, itu mudah. Sebelum lebih jauh sebaiknya pahami dulu konsep bisnis dropship, serta kekurangan dan kelebihan dropship ini.

Setelah Anda paham bisnis dropship, terapkan baik-baik 7 hal yang wajib disiapkan sebelum memulai bisnis online dropship.

1. Siap mental memulai bisnis online dropship

Jangan hanya berniat, โ€œdropship bisnis sampinganโ€. Kalau Anda berpikir bisnis dropship itu sekadar โ€˜sampinganโ€™, sebaiknya Anda tidak usah buang-buang waktu.

Memiliki bisnis dropship itu sama halnya Anda memiliki toko yang harus benar-benar dijalankan secara serius. Bisnis dropship ada duitnya. Tapi kalau hanya dipikir sebagai bisnis sampingan duitnya juga sampingan. Pikirkan ulang sebelum lanjut memulai bisnis online dropship.

2. Siapkan sedikit modal

Loh.., katanya bisa tanpa modal?! Dropship itu bisnis. Kalau Anda mau serius pikirkan untuk bermodal. Memang sih bisa berbisnis dropship tanpa modal tapi hasilnya akan lebih kecil daripada kebutuhan hidup sehari-hari.

Kalau untungnya terlalu kecil, apalagi lebih kecil dari kebutuhan hidup Anda, maka ujung-ujungnya akan malas dan bisnis dropship tidak akan Anda lanjutkan. Itu yang namanya gagal.

3. Siapkan nama toko dropship Anda

Apa arti sebuah nama? Nama toko itu urusan kepercayaan. Anda akan membangun nama itu sampai dikenal oleh pelanggan. Mereka akan menaruh kepercayaan pada toko Anda.

Makanya pilih nama yang baik, mudah disebutkan, dan gampang diingat. Mungkin Anda pribadi tidak dikenal, tapi toko Anda harus bisa dikenal oleh pelanggan, mudah disebut dan diingat. Jadi pikirkan nama yang pas seblum Anda memulai bisnis online dropship.

4. Temukan produk berkualitas

Dropship itu berjualan. Anda berjualan produk milik orang lain. Produk yang Anda jual harus berkualitas baik agar mengangkat nama toko Anda dan semakin dikenal pelanggan. Harga produknya pun harus bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih rendah daripada harga pasaran.

Baca >  Mau Jualan Online? Inilah Cara Memulai Berjualan Online Secara Dropship

Agar apa? Agar untung dalam perhitungan dagang. Harga murah boleh, tapi jangan main-main dengan kualitas. Lakukan pencarian produk murah dan berkualitas.

5. Suplier handal dan bisa diandalkan

Anda sudah menemukan produk murah dan kualitas bagus? Pastikan itu dimiliki oleh supplier handal yang bisa diandalkan. Produk yang Anda jual harus benar-benar ada. Adanya di supplier yang bisa mengirim dengan cepat ke alamat pembeli atas nama toko Anda.

Supplier handal bisa dihubungi saat ada komplain. Dia adalah supplier yang bisa merespon cepat. Jika barang yang diterima pembeli tidak sesuai, ada kebijakan pengembalian. Supplier yang handal dan bisa diandalkan akan berpengaruh pada reputasi baik nama toko dropship Anda. Siapkan supplier Anda sebelum memulai bisnis online dropship.

6. Siapkan perlengkapan wajib

Mental oke sudah siap. Modal sekali pun tidak banyak, ya ada. Produk berkualiats yang akan dijual sudah diketahui sumbernya. Supplier pun sudah Anda kenal. Nah.., ada beberapa perlengkapan wajib yang harus Anda siapkan.

Perangkat terkoneksi internet

Anda yang akan menjalankan bisnis dropship Anda secara online. Pastikan Anda bisa online. Di sini Anda butuh gadget dan kuota internet. Bermodal juga sih.

Tapi jika Anda tidak berbisnis online pun juga butuh gadget dan kuota. Baca artikel ini saja harus bisa online, kan?

Kontak layanan konsumen

Sediakan nomor atau jalur komunikasi layanan konsumen yang jelas waktu aktifnya. Kalau Anda punya modal sediakan nomor khusus dan akun-akun khusus untuk layanan pelanggan.

Ini bisnis, jangan dicampur baur dengan urusan komunikasi pribadi Anda. Tentukan waktu layanan konsumen untuk merespon pertanyaan dan komplain.

Baca >  5 Tips Efektif Mengatasi Komplain Pembeli dalam Bisnis Online Dropship

Rekening pembayaran

Anda harus punya rekening bank untuk mempermudah pembayaran. Manfaatkan fasilitas internet banking atau mobile banking untuk mempermudah mengecek uang masuk dari pembeli.

Anda juga akan mentransfer uang untuk membelikan produk yang dipesan oleh pembeli kepada supplier andalan Anda.

Aplikasi cek resi kurir

Cek resi pengiriman itu diperlukan untuk memastikan posisi barang yang dibeli oleh pelanggan. Resi pengiriman akan didapatkan setelah barang dikirim oleh supplier.

7. Membangun toko online

Ada banyak cara untuk membangun toko online dropship Anda. Tapi saya akan menjelaskan beberapa saja untuk mempermudah, ini sekadar contoh. Selanjutnya Anda harus mempelajari secara teknis agar Anda bisa membuat toko online yang bagus.

Toko online di Marketplace

Anda bisa membuat toko online di marketplace seperti Bukalapak, Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee, dan masih banyak yang lain. Anda bisa memilih marketplace yang gratis dulu. Tiap marketplace punya kebijakan masing-masing.

Facebook store

Pelaku jual-beli online bisa membuat sebuah halaman di Facebook. Kemudian di halaman itu Anda bisa membuat toko untuk mendisplay produk-produk yang Anda jual. Atur foto dan cover halaman facebook Anda sebagai suatu bisnis dan unggah gambar beserta penjelasan produk jualan Anda.

Website: WordPress bisa toko online juga

WordPress merupakan platform CMS yang populer digunakan dalam membuat website. Anda bisa menjadikan sebuah toko online dengan berabagai versi. Versi paling mudah, buatlah posting review produk lengkap dengan foto dan penjelasannya. Lalu pembelian dilayani secara manual melalui kontak layanan pelanggan.

toko online cepatlakooAnda bisa membuat toko online sendiri dengan menggunakan Cepatlakoo. Cepatlakoo adalah sebuah theme atau template toko online untuk WordPress + WooCommerce dengan fitur yang lengkap.

Toko online bentuk lain

Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Banyak orang berjualan di Instagram, Twitter, Line, bahkan BBM dan Whatsapp. Anda bisa memilih media sosial itu sebagai channel untuk berjualan.

Setelah semuanya lengkap barulah Anda mulai promosi. Inti pekerjaan jualan online dengan sistem dropship adalah melakukan promosi. Anda bisa juga menggunakan iklan berbayar. Anda bisa menggunakan Facebook Ads, AdWord Google, atau cara-cara promosi lainnya

Jika promosi dan iklan berhasil, Anda akan mulai disibukkan oleh pertanyaan-pertanyaan pelanggan sampai terjadinya transaksi pembelian. Pelanggan memilih produk, lalu mereka membayar ke rekening Anda. Setelah itu, Anda order ke supplier. Supplier akan mengirim orderan Anda ke alamat yang Anda tentukan.

To Top