Bisnis Online

Tips Melayani Konsumen Toko Online, dari Tanya-tanya sampai Beli Produk

layanan konsumen dropship

Kalau konsumen menanyakan cara pembayaran, nomor rekening, berapa lama waktu pengiriman, coba kirimkan halaman khusus untuk menjawab pertanyaan umum itu.

by: Shutterstock

Bisnis online dropship Anda mulai berhasil kalau sudah ada pembelian oleh konsumen. Prosesnya, calon pembeli berkunjung ke toko online Anda, lalu ia membeli dengan mentransfer sejumlah uang sesuai harga ditambah ongkos kirim.

Berdasarkan orderan, Anda lalu membeli produk ke supplier dan minta dikirim ke alamat pembeli di toko online Anda.

Nah.., kalau langsung beli kan bagus. Tapi masalahnya, ada orang yang tanya-tanya dulu. Kadang, pertanyaannya banyak tapi akhirnya tidak beli juga. Maka butuh tips-tips untuk melayani pelanggan toko online Anda.

Tips #1 – Jaring dulu prospek, calon konsumen Anda

Jaring prospek dengan menggunakan media sosial. Mulailah update status, menjelaskan produk melalui artikel, atau beriklan.

Update status di media sosial

Perkenalkan toko online Anda ke khalayak media sosial. Kalau Anda menggunakan fanpage, buatlah update status terjadwal. Update status jangan hanya fokus berjualan.

“Update-update status dahulu jual-jual kemudian”.

Membuat artikel di blog

Buat review produk dengan menggunakan kata kunci tertentu, dan tunjukkan link toko online Anda. Anda memerlukan teknik-teknik optimasi agar artikel Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. Coba pelajari cara-cara menulis artikel yang baik.

Promosi menggunakan iklan berbayar

Ini khusus bagi Anda yang mengerti pentingnya modal dalam bisnis. Berjualan online ssecara dropship bisa dijadikan bisnis. Kalau Anda mau serius, cobalah keluarkan modal untuk beriklan. Anda bisa mencona Facebook Ads untuk memulai dengan modal kecil.

Baca >  Mindset Awal Facebook Ads, Pelajari sebelum Beriklan di Facebook

Tips #2 – Kenali konsumen! Layani dengan cara berbeda

Kelompokkan konsumen ke dalam 3 (tiga) kelompok. Prospek, buyer, dan pelanggan. Ketiga kelompok konsumen Anda perlu ditangani dengan cara-cara berbeda.

Prospek biasaya mulai bertanya

Orang yang hanya bertanya-tanya atau melihat-lihat kita sebut prospek. Mungkin, sebagian mulai bertanya-tanya. Sabar saja, karena ada yang banyak pertanyaan tapi tidak beli juga. Ya sabar.. namanya juga jualan.

Buyer mulai membeli produk

Buyer itu pembeli produk. Mungkin coba-coba atau memang toko online pilihan satu-satunya. Layani pembeli dengan cepat, jalin komunikasi yang baik. Setelah dia mentransfer, segera orderkan barang yang diminta.

Saat supplier Anda menyampaikan resi segera kirim data pengiriman pembeliannya. Setelah barang sampai, tanyakan bagaimana produknya.

Pelanggan biasanya membeli lagi

Pembeli yang puas dengan produk dan layanan Anda akan membeli lagi. Mulailah memberi perhatian yang lebih terhadap pelanggan untuk mempertahankan.

Pelanggan setia akan merekomendasikan ke konsumen lain.

Berikan reward kepada pelanggan setia. Mulai tawari diskon, atau hadiah produk karena pembeliannya lebih banyak atau lebih sering.

Tips #3 – Siapkan kontak dan waktu layanan konsumen

Usahakan ada handphone dan nomor khusus terpisah. Jualan dropship bisa dianggap sebagai bisnis yang serius dan layak ditekuni. Pisahkan kehidupan pribadi Anda dengan urusan bisnis.

Kalau belum mampu melayani 24 jam. Beri waktu khusus untuk layanan konsumen. Biasanya ada waktu pukul 8.00 – 20.00 setiap harinya.

Baca >  Pahami dulu Apa itu Bisnis Online Dropshipping Agar tidak Salah Langkah

Sebaiknya, toko online bisa melayani 24 jam. Namanya juga toko online, harusnya buka 24/7 tanpa henti. Tapi itu kan kalau mampu. Kalau tidak mampu buat waktu khusus untuk melayani konsumen, jangan diumumkan.

Tips #4 – Utamakan mereskpon dengan cepat

Jangan biarkan konsumen menunggu terlalu lama. Atur notifikasi di smartphone Anda sesuai akun-akun di aplikasi untuk merespon konsumen.

Usahakan respon Anda tidak lebih dari 30 menit sejak konsumen menghubungi Anda.

Lebih cepat lebih baik, Anda akan mendapatkan reputasi baik dari pelanggan kalau merespon dengan cepat.

Tips #5 – Siapkan jawaban untuk pertanyaan yang sering

Kalau pelanggan menanyakan cara pembayaran, nomor rekening, berapa lama waktu pengiriman, coba kirimkan halaman khusus untuk menjawab pertanyaan umum itu.

Buat halaman Q&A yang siap kirim saat ada pelanggan menanyakan pertanyaan umum.

Tips #6 Hindari jawaban langsung dengan nominal harga

Berapaan Gan? Harganya berapa Sis? Itu pertanyaan yang harus diawali dengan menjelaskan kualitas terlebih dahulu. Jelaskan kualitas bukan pada spesifikasinya, tapi utamakan manfaatnya.

Misalnya menjual masker, “Kalau masker yang tanpa pakai air hangat dan langsung tempel aja hanya Rp 155.000,-.“

“Tapi kalau yang masih harus pakai air hangat, Rp 175.000,-, beda dikit sih..“.

Baca >  7 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis Online Dropship

Tips #7 – Purnajual, jangan langsung putus hubungan

Anda bisa sapa lagi. Dia bisa ditanya, apakah produknya sudah dipakai, apa yang dirasakan, cocok atau tidak. Tanya juga apakah ada produk sejenis atau yang sama di tempat lain yang lebih murah.

Yang sudah membeli bisa dihubungi lagi dengan promosi diskon atau tawaran mencoba produk lain.

Melayani konsumen toko online memerlukan keseriusan. Perlakukan mereka sebagai manusia yang mebutuhkan perhatian. Jangan hujani mereka dengan aneka promosi yang terlalu sering.

Setiap kategori konsumen mulai dari kelompok prospek, buyer, maupun pelanggan memerlukan penangan berbeda. Jadi perlakukan merekas dengan cara berbeda pula.

To Top