Bisnis di Desa

Usaha yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga di Desa selain Membuat Kue dan Jualan Pulsa

Kue gosong
by: Tooyul Adventure

Usaha ibu rumah tangga di desa tidak hanya sebatas membuat kue, makanan, atau berjualan pulsa. Di desa, sering kali, daya beli menjadi masalah untuk bisnis yang berjualan. Sehingga seakan-akan usaha yang cocok di pedesaan hanya membuat usaha produksi.

Usaha di desa yang menguntungkan bisa dirintis oleh ibu rumah tangga dengan membuat usaha-usaha rumahan seperti para ibu di perkotaan.

Keluarlah dari ide ‘hanya membuat kue’

Peluang usaha rumahan di desa tidak hanya membuat kue. Jika sudah ada yang bisnisnya membuat kue, Anda bisa membantunya menjualnya. Produksi kue sudah lama menjadi usaha rumahan di desa yang cukup disukai ibu-ibu rumah tangga.

Maka Anda bekerja sama dengan mereka untuk menjualnya. Penjualan bisa dilakukan secara online. Manfaatkan media sosial, website, marketplace untuk memudahkan penjualan kue Anda.

Ide lain selain ‘berjualan pulsa’

Semakin banyak orang berjualan pulsa muali dari pulsa telpon seluler, pulsa listrik (token), bahkan pulsa game online. Sekarang penjual pulsa merangkap kerja dengan menerima pembayaran BPJS Kesehatan, tagihan leasing, tagihan listrik, tagihan telepon, dan lain-lain.

Berjualan pulsa tetap saja ide bagus, tapi semakin banyaknya penjual pulsa yang masuk ke desa-desa, bisnis ini semakin jenuh. Malah, sekarang dengan internet banking atau mobile banking setiap orang semakin mudah membeli pulsa atau membayar tagihan.

Usaha apa yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa

Lupakan dulu potensi desa, masalah-masalah di desa, apalagi berpikir terlalu jauh untuk membantu ibu-ibu di desa. Fokus saja pada urusan menambah sumber keuangan rumah tangga, membantu keluarga hidup sejahtera di desa.

Temukan peluang usaha untuk ibu rumah tangga di desa yang bisa menghasilkan uang dengan modal kecil. Salah satunya membantu menjual kue ibu-ibu lain yang memproduksi kue.

Produksi kue hanya contoh, kenyataanya banyak ibu lain di kampung yang menanam sayur, membuat kerajinan, budi daya ikan. Tapi mereka sulit memasarkan dan sering terjebak harga yang terlalu murah. Bantulah mereka menjual produk-produknya dan raihlah keuntungan bersama.

Jika mereka belum punya merek untuk produk mereka, cobalah ‘iseng-iseng’ dulu, Anda bisa membuat merek untuk produk-produk yang bisa Anda jual.

Manfaatkan peluang usaha di internet

Ada banyak peluang di internet yang kegiatan usahanya bisa dilakukan dari perkampungan di desa. Asal ada jaringan internet, Anda bisa memulai bisnis-bisnis di internet termasuk memadukan bisnis orang lain di desa dengan usaha jualan Anda secara online.

Berjualan secara online dengan pengiriman jarak jauh bisa alternatif usaha ibu rumah tangga di desa. Gerai-gerai jasa logistik semakin memudahkan pengiriman produk yang terjual ke daerah lain.

Sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, siapkan bisnis Anda dan kendalikan dari rumah. Mulai membuat rekening bank sebagai alat transaksi. Manfaatkan internet banking dan mobile banking untuk memudahkan transaksi bisnis Anda.

Awas! Hindari jebakan penipuan

Teknologi internet memang membuat banyak peluang usaha terbuka hingga pelosok desa. Tapi penipuan semakin marak dilakukan secara online juga. Itulah risikonya. Pahami tanda-tanda penipuan yang dilakukan para penipu di internet.

Tidak hanya melalui website, penipuan kadang dilakukan oleh penipu melalui pesan singkat (SMS), BBM, Whatsapp, bahkan menelpon langsung ke telpon genggam Anda.

Usaha ibu rumah tangga di desa harus dilakukan secara serius. Kalau dilakukan secara sampingan pasti hasilnya juga ‘sampinga’. Tapi kalau dilakukan dengan serius, penghasilannya juga bisa luar biasa. Bahkan bisa menghasilkan lebih dari hasil suami mencangkul di sawah atau bekerja ngantor ke kota.

Blog pribadi Udex Mundzir, catatan pribadi sebagai wiraswarta yang hidup di kampung.

Berbagi informasi peluang bisnis di internet, penulisan, dan belajar Bahasa Indonesia sehari-hari.

Copyright © 2017 Tooyul, inc Themetf

To Top