Update & Share

LaguIndonesiaRaya.id Website Sosialisasi Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Website Lagu Indonesia Raya

Kemendikbud melakukan perekaman ulang lagu kebangsaan pada Mei 2017 di studio rekaman Lokananta, Solo. Lokananta dipilih menjadi tempat rekaman karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Tutorial lagu kebangsaan Indonesia Raya bisa diakses melalui LaguIndonesiaRaya.id ernet. Seluruh tata cara menyanyikan dan memainkan lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman itu dapat dilihat di situs yang dirilis resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Selama ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menilai tidak ada patokan tentang tutorial lagu Indonesia Raya. Pemerintah kini mulai menyosialisasikan tutorial tersebut.

“Standarisasi selama ini belum ada, seperti tempo, nada dasar, itu harusnya sama. Aransemen juga hanya ada lima itu, enggak boleh dibikin dangdut atau jaz.”

“Kita sosialisasikan tutorial ini melalui website. Untuk distribusi dalam bentuk CD mungkin hanya akan dikirimkan ke sekolah-sekolah di daerah yang tidak dijangkau internet,” kata Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Rabu (6/9/2017) dikutip dari Detik.com.

Dilengkapi video simfoni dan vokal

Baca >  Kecanggihan Pesawat R80 untuk Solusi Transportasi Negara Kepulauan

Kemendikbud telah melakukan perekaman ulang lagu kebangsaan pada Mei 2017 di studio rekaman Lokananta, Solo. Lokananta dipilih menjadi lokasi rekaman karena memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Proses perekaman melibatkan putra-putri terbaik Indonesia yang tergabung dalam orkestra Gita Bahana Nusantara. Lagu kebangsaan satu stanza dan tiga stanza direkam dalam lima versi, yaitu unisono, orkes simfoni, orkes harmoni, iringan piano dan fanfare.

Standarisasi lagu kebangsaan

Kepala Lokananta, Miftah Zubir, memandang penting adanya tutorial Indonesia Raya. Hal tersebut dilakukan sebagai standarisasi lagu kebangsaan.

Baca >  Ayo Dukung untuk Terbangkan Pesawat Indonesia R80

“Seluruh rangkaian ini masih dalam tahap sosialisasi. Tutorial ini akan dilaunching pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 nanti,” pungkasnya.

Saat ini, kata Miftah, situs laguindonesiaraya.id sudah diakses 4 ribu kali. Angka tersebut dinilai cukup tinggi karena situs baru dibuat sekitar sebulan yang lalu.

To Top